Haid Bikin Libido Wanita Meningkat, Kenapa Ya?

Sebagian besar perubahan yang dialami wanita saat menstruasi ataupun tidak sedang menstruasi adalah faktor hormon dalam tubuhnya. Siklus menstruasi ini terus berjalan sepanjang hidup hingga akhirnya menopause. Namun saat menstruasi, sebagian wanita pasti mengalami gairah seks yang meningkat dari biasanya. Berikut penjelasannya.
 
1. Faktor Hormon
Selama periode menjelang menstruasi, wanita akan melalui masa ovulasi dimana ia sedang dalam masa subur. Di masa ovulasi ini dapat membuat fantasi seks liarnya muncul. Dilansir lifestyle.okezone, menurut penelitian di Kanada, wanita memikirkan lebih banyak fantasi seks saat sedang masa ovulasi dibandingkan ketika berada di periode siklus menstruasi lainnya. “Ini dimungkinkan, karena selama waktu itu, otaknya mengirimkan sinyal untuk merangsang ovarium agar siap melepaskan sel telur. Kadar LH dan FSH melonjak tinggi dan perubahan hormon membuatnya terangsang,” ucap Brett Worly, MD seorang asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Ohio.
 
2. Libido Saat Menstruasi
Ketika wanita tengah menstruasi, libidonya pun juga meningkat dimana hormon esterogen dan progesterone juga memiliki andil. Menurut Dr.Worly,” Tapi itu tidak berarti dia siap untuk bermain dengan Anda di tempat tidur. Kram dapat membuat seks tampak tidak menarik. Tetapi beberapa wanita benar-benar menemukan gairah mereka meningkat saat haid. “Organ panggul nya bisa lebih sensitif karena aliran darah meningkat pada waktu itu,”
 
3. Gairah Sebelum Menstruasi
Ternyata memang ada pula beberapa wanita yang juga bergairah sebelum masuk periode menstruasinya. Peningkatan gairah seks ini bisa terjadi karena saat tubuh mempersiapkan diri untuk menstruasi ada beberapa syaraf yang mudah dirangsang yang menyebabkan keinginan akan gairah seks meningkat. Naik turunnya libido atau gairah seks pada wanita memang selalu dikaitkan dengan kerja hormon pada tubuh. Sehingga jangan heran terkadang meski gairah seksnya tinggi namun wanita tetap bisa mengontrol untuk tidak berhubungan intim di saat menstruasi. 
 
Menurut dokter Obstetri dan ginekologi, Adeeti Gupta,”Hormon wanita itu naik turun yakni terdiri dari estrogen, progesteron, dan testosteron. Hormon estrogen itu meningkatkan gairah dan hasrat seksual. Sementara, progesteron adalah hormon yang menekan gairah,” Hmm jadi para pria kini jadi tau kan hormon ini sangat mempengaruhi gairah seks pada wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s