5 Karakteristik Wanita Tidak Subur

Pasangan suami istri yang baru menikah umumnya menginginkan segera memiliki anak, namun keinginan tersebut sulit terwujud jika salah satu pasangan mandul.  Tidak boleh ada yang saling menyalahkan ketika sudah menikah. Masalah sensitif ini sebenaranya sudah bisa terlihat terutama pada kesuburan wanita, namun memang tidak ada tanda yang pasti bagaimana wanita dinyatakan mandul, apa saja karakteristik wanita tidak subur?
 
1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur
 
Normalnya siklus menstruasi wanita berkisar sekitar 28 hari sampai 35 hari. Namun, setiap wanita mempunyai siklus dan waktu yang berbeda-beda asalkan waktunya konsisten. Bila siklus Sahabat Hawa tidak teratur bisa disebabkan adanya ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi dimana folikel kecil di ovarium tidak berkembang menjadi folikel matang guna melepaskan telur. Folikel tidak matang ini yang menyebabkan kesuburan wanita terhambat.
 
2. Nafsu Seks Rendah
 
Kesuburan wanita juga dipengaruhi oleh nafsu seks yang sangat rendah dimana tidak ada dorongan hubungan intim yang normal seperti wanita yang subur. Hal ini bisa terjadi karena depresi atau stress. Penting mengelola stress dalam mengatur setiap kegiatan sehari-hari. Hal ini guna menghindari stress berlebihan dari tugas yang menumpuk.
 
3. Secara Fisik 
 
Wanita tidak subur juga bisa dideteksi dari berat badan. Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan kinerja hormon tidak maksimal hingga ovulasi menjadi tidak teratur. Terlalu kurus menyebabkan sistem bekerja minimal untuk menghemat energi yang keluar. Sedangkan terlalu gemuk dapat menyebabkan terjadinya perubahan level hormon dalam tubuh karena esterogrn tidak hanya diproduksi di dalam ovarium tapi juga dalam lemak tubuh.
 
4. Banyak rambut pada tubuh
 
Umumnya wanita memiliki rambut yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria. Namun ketiaka produksi androgen dalam tubuh sangat tinggi maka wanita bisa memiliki rambut halus lebih banyak misal pada bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut.  Jika sudah ada gejala seperti ini maka androgen dalam tubuh bisa sangat tinggi.
 
5. Sering keguguran
 
Biasanya dokter mendiagnosa tidak subur jika sudah dua atau tiga kali keguguran, ini memang bukan pertanda mandul tapi jika Sahabat Hawa mengalaminya tiga kali beturut-turut ada indikasi ketidaksuburan. Konsultasikan dengan pihak medis untuk menangani hal ini lebih intensif agar dapat diketahui masalah dan solusinya.. 
Jika kamu memiliki salah satu tanda di atas, ada baiknya segera melakukan tes kesuburan ya sahabat Hawa.
Source: Berbagai Sumber
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s