Hindari Hal Ini Saat Hamil Muda

Saat memasuki kehamilan muda, pertumbuhan dan perkembangan janin akan memengaruhi di fase yang selanjutnya. Oleh karena itu ibu hamil harus memberikan ekstra perhatian kepada si calon bayi dan harus memahami hal-hal yang harus dihindari saat hamil muda.

1. Jangan Konsumsi Makanan Mentah

Sashimi salmon

Makanan mentah bisa sangat berbahaya bagi janin, akan menyebabkan cacat lahir maupun keguguran. Terdapat bakteri atau kuman yang kita tidak ketahui menempel dalam makanan tersebut, ini bisa mengakibatkan infeksi pada janin dan juga ibu hamil. Selain itu ibu hamil juga beresiko keracunan makanan dari makanan mentah yang dikonsumsi. Pastikan ibu hamil hindari makanan mentah terutama daging dan telur.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok & Minuman Beralkohol

Jika ibu hamil memiliki kebiasaan ini, harus dihentikan kebiasaanya. Kedua hal ini bisa membahayakan si bayi. Akibat merokok saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Sedangkan, ibu hamil yang minum alkohol selama kehamilan bisa menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Kedua kebiasaan buruk itu berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa selanjutnya setelah lahir.

3. Kurangi Minum Kopi Berlebihan

16322

Kalau kamu penggemar kopi dan sulit menghindarinya, mulai sekarang harus mengurangi jumlah minum kopi perharinya. Minum kopi dalam jumlah kecil tidak akan berbahaya, namun jika dalam jumlah berlebihan bisa berisiko terhadap kesehatan bayi. Karena bayi akan mengonsumsi apa yang ibu hamil makan melalui plasenta. Jadi ibu hamil wajib jaga kesehatan si bayi mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

4. Jangan Minum Obat Tanpa Rekomendasi Dari Dokter

Ibu hamil akan melakukan apapun untuk anaknya dan mudah tergiur dengan obat-obatan yang ditawarkan secara bebas. Usia kehamilan yang masih muda merupakan masa kehamilan yang masih rentan terhadap segala sesuatu masuk ke dalam tubuh, termasuk obat. Alangkah baiknya ibu hamil berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut dan mengikuti saran dari dokter supaya kehamilan bisa berjalan lancar. Obat-obatan akan aman setelah ibu hamil melalui trimester pertama.

5. Hindari Minum Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Konsumsi susu saat hamil memang tidak berbahaya, namun susu yang dikonsumsi haruslah melalui pasteurisasi terlebih dahulu atau melalui proses pemanasan. Jika ibu hamil mengonsumsi susu mentah / tidak dipasteurisasi bisa saja susu tersebut masih mengandung sejumlah bakteri Listeria yang dapat menimbulkan penyakit dan menyebabkan keguguran.

6. Perhatikan Makan Ikan yang Mengandung Merkuri

Seafood, fish

Ikan laut memang baik dikonsumsi karena terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak anak, namun ikan tersebut biasanya mengandung merkuri. Anda harus hati-hati dalam memilih ikan. Ini tipsnya, pilihlah ikan segar dari penampakan luarnya.

Ikan yang segar bermata bening dan sedikit menggembung, daging berwarna mengkilap tidak pucat, terlihat lembab, dan tanpa bintik-bintik gelap. Selain itu, ikan berkualitas pasto beraroma segar dan tidak berbau asam. Jika mau mencari aman, batasi konsumsi ikan (seperti tuna, salmon, udang, dan makerel). Bagi Anda penyuka sushi, konsumsilah tidak lebih dari 1-2 porsi kecil per minggu dan tidak memesan dalam sajian yang mentah.

 

Sumber: HelloSehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s