5 Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan Beserta Faktanya

Scroll down to content

Kamu tau nggak sahabat hawa mengenai mitos ciri-ciri hamil anak perempuan? Mitos ini belum tentu benar secara ilmiah. Karena itu, jangan buru-buru untuk memercayainya. 

newborn-baby-girl-is-sleeping-on-fur-blanket_35666-347.jpg

Berikut adalah lima mitos ciri-ciri hamil anak perempuan beserta faktanya, yaitu:

 

  • Detak jantung

 

Biasanya, detak jantung bayi berkisar antara 110 hingga 160 kali per menit. Namun, ada mitos yang mengatakan jika detak jantung bayi Anda lebih cepat dari 140, maka Anda hamil anak perempuan. Menurut penelitian, tidak ada perbedaan antara detak jantung anak laki-laki dan perempuan saat berada di dalam perut. Memang ada penelitian yang menyatakan bahwa detak jantung bayi perempuan lebih cepat ketimbang laki-laki. Tapi, itu hanya terjadi sesaat sebelum persalinan.

 

  • Bentuk perut

 

Jika perut Anda terlihat tinggi atau melebar ke tengah, maka menurut mitos Anda sedang hamil anak perempuan. Namun, pernyataan ini hanyalah sebuah mitos. Jenis kelamin bayitidak dapat memengaruhi otot-otot perut Anda. Bentuk perut ibu hamil pada tiap orang bervariasi. Hal ini tergantung bentuk tubuh, otot perut, pertambahan berat badan selama hamil, dan usia kehamilan.

 

  • Muntah-muntah

 

Sering muntah-muntah saat hamil / morning sickness? Mitos mengatakan Anda tengah mengandung bayi perempuan. Mitos ini mungkin ada benarnya. Menurut penelitian, wanita yang mengalami morning sickness yang parah lebih mungkin melahirkan bayi perempuan. Itu disebabkan oleh hormon hCG yang memicu morning sickness, cenderung lebih tinggi pada ibu hamil yang mengandung bayi perempuan. Kondisi muntah berlebihan disebut hiperemesis gravidarum.

Namun perlu diingat, kondisi ini juga dapat terjadi pada ibu yang mengandung bayi laki-laki. Jadi, tidak mutlak bahwa lebih banyak muntah merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan.

 

  • Ngidam makanan asam atau manis

 

Ketika mengandung anak perempuan, selera makan Anda berubah. Menurut mitos, Anda akan lebih menyukai atau ngidam makanan dengan rasa asam atau manis. Jika dilihat dari segi medis, kondisi ini bisa terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan hormon yang memengaruhi indera penciumannya, bukan karena jenis kelamin calon bayi.

 

  • Terlihat tak menawan

 

Ada mitos yang mengatakan jika Anda hamil anak perempuan, maka wajah Anda akan terlihat kusam dan tidak menawan karena kecantikan Anda diserap oleh bayi. Sebaliknya, jika Anda hamil anak laki-laki, wajah Anda akan terlihat lebih cantik. Namun, itu hanyalah mitos belaka.

Jadi gimana nih sahabat hawa, kalian pernah punya pengalaman seperti ciri-ciri mitos di atas nggak? 

Source : Alodokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: