Hati-hati, Mengalami Diare Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran

Masa-masa kehamilan memang sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Setiap penyakit yang diderita saat masa kehamilan tidak boleh dianggap remeh, salah satunya adalah Diare. Diare yang berkepanjangan dapat menyebabkan keguguran. Apa saja penyebabnya? Cari tahu yuk!

1. Susu Ibu Hamil yang Tidak Cocok

fresh-milk-in-glass-bottle-and-glass_35355-1478

Susu memang baik untuk ibu hamil, namun ibu hamil harus memastikan susu yang diminum cocok dengan kondisinya. Sering kali susu yang dikhususkan untuk ibu hamil memiliki kandungan laktosa yang sedikit, sehingga akan lebih sulit dicerna oleh usus dan lambung.Itu bisa menjadi salah satu penyebab diare pada ibu hamil terjadi.

2. Konsumsi Obat-Obatan Terlalu Berlebihan

Ibu hamil cenderung lebih rentan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sering dirasakan adalah sembelit. Jika terjadi hal seperti itu, hindarin mengonsumsi obat secara berlebihan, karena akan menimbulkan masalah baru yaitu diare. Diare juga biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin B dan asam folat, telalu banyak mengonsumsi makanan pedas, seperti asinan, rujak, serta terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D.

3. Perubahan Hormonal

young-couple-serious-in-living-room_1150-5269

Perubahan secara hormonal bisa menyebabkan diare. Biasanya terjadi saat usia kehamilan masuk trimester awal dan tengah. Selama usia kehamilan tersebut, tubuh seorang ibu hamil akan terus memproduksi berbagai jenis hormon yang berfungsi menjaga tubuh agar tetap seimbang selama masa kehamilan. Tetapi jika hormon tersebut menghasilkan jumlah yang banyak, justru bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih, inilah yang akan memicu terjadinya diare karena sistem pencernaan mudah terserang oleh bakteri.

4. Asupan Makanan

Ketika Di awal kehamilan, biasanya ibu hamil mulai melakukan perubahan besar pada asupan makanannya. Mulai dari pola dan jenis makanan. Memang nutrisi bayi didapatkan melalui asupan ibu, namun tidak serta merta semuanya benar. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu ibu hamil mengalami diare, seperti buah-buahan atau makanan yang tidak higenis. Ibu hamil harus memperhatikan hal tersebut dan mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

Jadi, apapun penyakit yang diderita ibu hamil, jangan diremehkan dan segeralah konsultasi kepada dokter ahlinya.

Sumber: Bidanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s