Ini Solusi Atasi Telinga yang Kemasukan Air!

Scroll down to content
Melakukan aktivitas dalam air memang sangat menyenangkan. Tapi terkadang hal yang paling tidak disukai adalah saat telinga mulai kemasukan air. Untuk mengatasi hal ini, yuk simak cara mengatasinya berikut ini:
 
Miringkan Kepala Kesamping
Cara paling umum untuk mengeluarkan air dari telinga dengan memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan. Jika perlu, lakukan hal tersebut sambil melompat kecil dengan satu kaki agar air terdorong ke luar. Tariklah daun telinga agar saluran telinga membuka lebih luas sehingga memudahkan air keluar.
 
Menguap
Cara kedua kemungkinan bisa membantu membebaskan air dari dalam telinga, terutama dari bagian Eustachius, dengan cara menguap. Gerakan ini mungkin saja membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air keluar.
 
Lap telinga dengan kain
Berikutnya bisa dengan cara paling mudah, yaitu mengelap telinga dengan kain. Mulailah mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan memakai kain atau handuk yang halus mungkin bisa menyerap sebagian air di telinga. Lakukan pengelapan ini sambil memiringkan telinga yang kemasukan air ke arah kain. Pastikan untuk tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga karena justru akan mendorong air masuk.
 
Berbaring miring
Mengikuti gaya gravitasi bahwa air akan mengalir dari tempat tinggi menuju ke lebih rendah. Hal ini juga bisa diterapkan. Cobalah berbaring miring agar selama beberapa menit supaya air bisa keluar dari telinga. Air yang keluar dari telinga akan terasa hangat.
 
Mengunyah sesuatu
Air yang masuk ke telinga biasanya terjebak di bagian tabung eustachius. Bagian tersebut merupakan salah satu bagian dari telinga bagian dalam. Untuk membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah, bisa mencoba gerakan mengunyah. Jika perlu, mengunyahlah sembari memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.
 
Sumber: Alodokter

One Reply to “Ini Solusi Atasi Telinga yang Kemasukan Air!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: