Fakta Ini Bisa Bantu Cepat Hamil

Berbagai cara dillakukan untuk bisa hamil. Tapi penting juga dipahami hal apa saja yang bisa membantu terjadinya kehamilan. seperti yang dilansir dalam laman webmd, fakta-fakta ini bisa bantu cepat hamil.

Tahap Terakhir Siklus Haid Bulanan

300386-P7HBQJ-370

Selama tahap terakhir dari siklus haid, hormon progesteron dikeluarkan untuk membantu mempersiapkan lapisan rahim untuk dibuahi. Biasanya terjadi diakhir dari 3-7 hari. Jika sel telur tidak dibuahi dan diimplantasi, sel akan pecah dan tingkat hormon progesteron menurun, lalu setelah 12-16 hari berikutnya, sel telur akan dibawa oleh darah dan jaringan dari lapisan rahim dikeluarkan dari tubuh. Proses itu dinamakan menstruasi.

Terjadi Selama Ovulasi
Rata-rata siklus haid sekitar 28-35 hari. Ovulasi biasanya terjadi diantara hari ke 11 dan 21 dari siklus haid. Hormon yang disebut Luteinizing Hormone (LH) melonjak, memancing untuk melepaskan telur yang paling matang. Di waktu yang sama lendir leher serviks menjadi licin. Ini membantu sperma untuk melakukan pembuahan.

Semua Tentang Waktu
Perempuan lahir dengan 1-2 juta telur, tetapi yang dikeluarkan hanya 300-400 telur melalui ovulasi sepanjang hidup mereka. Biasanya telur akan dikeluarkan hanya satu setiap bulan. Telur berenang di sepanjang salah satu dari dua saluran tuba falopi yang menghubungkan ovarium ke rahim. Jika waktu sudah tepat, sperma bisa pembuahan ke dalam rahim. Jika pembuahan tidak terjadi selama 24 jam, sel telur akan meninggalkan ovarium dan menghilang. Sperma bisa hidup selama 3-5 hari, jadi sangat penting mengetahui ovulasi bisa membantu kamu dan pasangan untuk mengantur waktu bercinta dan kemungkinan hamil yang besar.

Berat Badan Pengaruhi Kesuburan

very-obese-women_46178-264

Jika kamu kelebihan berat badan atau gemuk, mengurangi berat badan bisa meningkatkan kesempatan untuk hamil. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang memiliki Indeks Masa Tubuh (BMI) diatas normal membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk hamil dibandingkan yang normal. Menurunkan berat badan 5-10% bisa membantu ovulasi dan tingkat kehamilan. Obesitas bisa juga menyebabkan ketidaksuburan dan hormon testosteron rendah bagi pria. Berat di bawah rata-rata pun bisa menyebabkan ketidaksuburan.

Kesuburan Suami
Bantu cepat hamil tidak hanya pada wanita, namun kesuburan pria juga turut membantu. Kesuburan pada pria bisa dilakukan dengan mengatur tingkat stress, menghindari rokok dan alkohol, menjaga berat badan ideal, konsumsi makanan yang mengandung zinc (daging, gandum, seafood dan telur), selenium (Daging, seafood, sereal, dan kacang), dan vitamin E. Penting juga menjaga suhu testis harus lebih rendah dari suhu tubuh. Hindari testis terlalu panjang, berendam air panas atau sauna yang bisa membuat sperma menjadi berkurang.

Sumber: Reader’s Digest

Satu pemikiran pada “Fakta Ini Bisa Bantu Cepat Hamil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s