Waspada Bumil! Tanda-Tanda Terjadinya Kehamilan Kosong Sama Seperti Kehamilan Normal

Bunda perlu tahu tentang kehamilan kosong. Kehamilan kosong terjadi karena sel ovum dan sperma mengalami gagal pembuahan. Ini diakibatkan karena sel telur atau sperma yang tidak bagus, pembelahan sel abnormal, kelainan pada kromosom atau faktor X lainnya yang menyebabkan pembuahan tidak dapat berkembang sempurna. Gejala kehamilan kosong sama seperti kehamilan normal.

Hasil Tes Urin Positif

Saat melakukan uji tes urin, hasil yang ditunjukkan positif. Hal ini dikarenakan pada tahap awal kehamilan kosong, sel telur dan sperma juga menempel di dinding rahim. Gejala sama seperti hamil normal.

Kram Perut Bawah

Terjadinya kram perut memang sering dialami ibu hamil pada trimester pertama. Perlu bunda ketahui, pada kehamilan kosong kram perut terjadi disertai bercak merah atau coklat dari vagina. Hal ini terjadi sebab sel telur masih menempel pada dinding rahim dan menekan rahim sehingga menyebabkan rasa nyeri dan kram perut bawah terjadi.

Seperti Ada Janin

Seperti perasaan ibu hamil lainnya, terdapat perasaan yang kuat terhadap janin dalam rahim. Dalam kehamilan kosong, memang ada embrio di dalam rahim, namun embrio sudah tidak berkembang lagi. Dalam hal ini ibu hamil tidak memiliki perasaan aneh atau janggal pada janin yang dikandungnya.

Pendarahan Berat

Pendarahan berat terjadi setelah melewati kram perut bawah dan bercak darah. Awalnya pendarahan yang dirasakan akan terasa biasa saja seperti darah haid. Namun lama kelamaan pendarahan itu menjadi tidak biasa. Ini harus segera diwaspadai. Tanda ini bisa menjadi tanda-tanda keguguran (kehamilan kosong) atau tanda kehamilan ektopik.

Memiliki Kantung Ketuban

Saat kehamilan kosong, perkembangan proses kehamilan memang mirip dengan kehamilan normal lainnya. Terbentuk kantung ketuban namun embrio didalamnya tidak berkembang. Inilah mengapa pentingnya USG untuk melihat perkembangan janin di rahim.

Menstruasi Terlambat

Tanda-tanda kehamilan kosong juga diikuti dengan menstruasi terlambat. Kemiripan ini terjadi karena kehamilan kosong juga sama-sama mengalami pembuahan sel telur oleh sperma namun tidak berkemabang.

Morning Sickness

Sama seperti ibu hamil lainnya, kehamilan kosong juga akan merasakan Morning Sickness yaitu muntah, tidak nafsu makan, mual, ngidam dan tubuh lemas.

Perut Kembung

Saat kehamilan kosong akan merasakan tidak nyaman dan perut kembung. Perut kembung pada tanda-tanda kehamilan normal artinya rahim siap menghasilkan embrio dan perkembangan embrio mulai menekan saluran kencing.

Sakit Dada

Sesak di dada sangat kuat bisa menjadi tanda kehamilan kosong. Ini bukan karena capek atau kelelahan, namun terjadi reaksi dari tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh ibu dan reaksi atas pembuahan yang gagal berkembang.

Kehamilan kosong hanya bisa dicek melalui test USG dan biasa terjadi di trimester pertama. Oleh karena itu jika sudah menginjak trimester pertama, lakukan USG untuk mengetahui kondisi kehamilan ya bunda. Tetap semangat, apabila mengalaminya, bunda masih bisa untuk hamil normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s