Bumil, Ini Tanda-Tanda Kelahiran Sudah Semakin Dekat

Menunggu waktu kelahiran memang bisa tidak terduga, bisa lebih cepat atau lambat dari perkiraan. Namun semua ini bisa terlihat apabila bumil peka dengan tanda-tanda melahirkan yang sudah dekat. Apa saja tanda-tandanya?
 
1. Punggung Terasa Nyeri
Punggung bawah akan terasa nyeri dan sakit secara terus menerus. Tanda ini adalah normal dan bisa diatasi dengan minum parasetamol berdosis rendah sesuai anjuran dokter
 
2. Keluar Flek atau Lendir
Cairan lendir vagina akan bertambah banyak karena di masa itu, mulut rahim melunak untuk mempersiapkan kelahiran. Jika sudah mulai keluar lendir dan flek artinya kelahiranmu sudah semakin dekat.
 
3. Kontraksi
Munculnya kontraksi adalah tanda persalinan paling umum dan pasti terjadi. Kontraksi terjadi saat rahim mulai mengencang dan mengendur. Hal ini juga menyebabkan rasa sakit.
 
4. Air Ketuban Pecah
Tanda ini sudah paling umum dirasakan dan diketahui oleh bumil. Selama masa kehamilan, bayi mengambang dalam kantung yang berisi air ketuban sebagai fungsi melindungi bayi dari goncangan, Jika air ketuban sudah pecah pertanda kelahiran akan segera tiba dan segeralah untuk mengunjungi bidan atau dokter terdekat.
5. Terjadi Kram
Seperti saat terjadi haid, rasa kram yang ditimbulkan sama. Ini pertanda kelahiran sudah semakin dekat. Bumil pasti merasa tidak nyaman, solusinya bisa mencoba mandi air hangat agar tubuh rileks, nyaman dan meredakan nyeri pada perut.
6. Bayi Bergerak Menurun
Dekat dengan tanggal kelahiran akan membuat badan terasa ringan dan bisa bernapas lebih lega. Sebab bayi cenderung turun disekitar panggul. Ini juga artinya bayi mulai mempersiapkan diri untuk segera dilahirkan.
Referensi: detik health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s