Hati-hati! Pendarahan Vagina Setelah Berhubungan Intim, Ini Solusinya

dd

Hubungan pribadi antara suami dan istri adalah hal yang perlu dijaga satu sama lain. Namun, apa akibatnya jika wanita mengalami beberapa keluhan? entah merasa tidak nyaman ataupun mengalami pendarahan setelah usai berhubungan intim. Ada beberapa faktor penyebab vagina mengeluarkan darah setelah berhubungan intim. Kurangnya lubrikasi, gesekan selama berhubungan seksual, hingga pendarahan rahim menjelang masa haid adalah beberapa contohnya. Agar hubungan intim yang anda lakukan terasa lebih nyaman, berikut tips yang dapat dilakukan.

Manfaat bercinta di pagi hari

  1.  Menggunakan lubrikan saat berhubungan intim

Saat berhubungan intim gunakan lubrikan guna mencegah pendarahan vagina akibat luka karena gesekan penetrasi. Kandungan didalamnya akan mengembalikan tingkat keasaman vagina sesuai kondisi idealnya dan dapat meningkatkan kelembapan

  1. Menjalani terapi esterogen bagi wanita menopause

Faktor menopause menjadi salah satu penyebab vagina kering, akibatnya vagina mengeluarkan darah setelah berhubungan intim, wanita yang mengalami masa menopause dapat menjalani terapi hormon esterogen. Produk dalam terapi hormon esterogen umumnya berbentuk ring vagina, krim vagina atau produk yang digunakan secara oral.

  1. Ketahui Penyebabnya

Faktor lain pada masalah kesehatan yang bisa menyebabkan vagina berdarah setelah berhubungan seksual yaitu luka pada vagina, polip, infeksi, vagina kering, kanker dan endometriosis.  Dokter biasanya menyarankan pemeriksaan pada vagina, USG, serviks, pap smeardan  atau pemeriksaan lanjutan bila terdapat ciri-ciri kanker.

Beberapa hal yang perlu dicermati untuk mempermudah proses diagnosis. Yaitu, apakah pendarahan terasa sakit? Sejak kapan Anda mulai mengalami perdarahan? Apakah Anda melakukan hubungan seksual yang aman? dan Apakah Anda mengalami perdarahan di luar masa haid? lakukanlah pengecekan usai melakukan hubungan intim pada bagian Miss V. Apakah vagina berdarah setelah berhubungan atau hanya pada saat tertentu setiap bulannya?

Tips Mengurangi Tingkat Keparahan

Wanita yang telah melakukan hubungan intim memiliki kondisi medis tertentu sehingga rentan mengalami pendarahan pada vagina. Namun pencegahan tersebut bisa di minimalisir untuk mengurangi tingkat keparahan dari pendarahan, yaitu hindari produk perawatan wanita yang mengandung pewangi pada Miss V, cukupi kebutuhan cairan, bila terasa sakit atau nyeri lakukan hubungan intim secara perlahan, selalu gunakan kondom dan lakukan foreplay sebelum penetrasi.

Sumber : Hellosehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s