6 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan (No 3 Tidak Disangka)

Scroll down to content

042832400_1543363581-ladies-ini-lho-5-manfaat-mengagumkan-sayur-buncis-buat-kesehatan

Selain wortel, buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan utama sup ayam. Kali ini kita akan membahas bersama beberapa manfaat buncis. Namun sebelum sampai kepada diskusi mengenai khasiatnya bagi kesehatan, ada baiknya kita perhatikan lebih dulu nutrisi apa saja yang ada dalam 100 gr buncis.

  1. 31 kalori, 7,1 gr karbohidrat, 3,4 gr serat, 1,8 gr protein, dan 0,1 gr lemak.
  2. Vitamin yang ada dalam buncis antara lain C (16,3 mg), K (14,4 mg), dan A (690 IU).
  3. Untuk mineralnya adalah mangan sebanyak 0,2 mg, folat 37 mg, thiamine 0,1 mg, riboflavin 0,1 mg, zat besi 1 mg, magnesium 25 mg, dan potasium 209 mg.

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

images-1

Manfaat Buncis berikut benar-benar mengagumkan: membantu melawan dan mencegah kanker

  1. Menjaga tulang tetap kuat
  2. Menyehatkan sistem pencernaan
  3. Mencegah penyakit jantung dan kanker
  4. Memperlambat penyebaran virus HIV dalam tubuh
  5. Meningkatkan kesuburan dan melindungi bayi baru lahir
  6. Menurunkan resiko sekaligus membantu merawat diabetes

Guna mengetahui lebih lanjut tentang manfaat di atas, berikut ulasannya.

  1. Menjaga tulang tetap kuat

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam buncis dapat membantu membangun sekaligus mempertahankan kekuatan tulang. Tak hanya orang tua yang beresiko terkena osteoporosis saja, namun para atlet juga disarankan mengonsumsi makanan tinggi vitamin K untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah tulang rapuh/ mudah patah.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Anatomi-Sistem-Pencernaan-Mengulas-Organ-Pencernaan-dan-Fungsinya.jpg

Serat yang terdapat dalam buncis dapat melindungi lapisan salurangastrointestinal sehingga tak sampai mengalami kerusakan. Dan bila dikombinasikan dengan vitamin B12 serta vitamin C, nutrisi ini dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang juga terdapat dalam buncis. Seperti kita ketahui bersama, zat besi sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatanmetabolisme dalam tubuh.

  1. Memperlambat penyebaran virus HIV dalam tubuh

hiv-aids_basics_landing_fullsize

Sebuah studi yang dilakukan di Hong Kong pada 2010 lalu mendapati adanya efek mengagumkan dari buncis Prancis terhadap beragam tumor, jamur, serta virus HIV. Dari ke-3-nya, dampak paling menghebohkan tentunya berkenaan dengan penyebaran virus HIV dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit jantung dan Kanker

shutterstock_640710097

Rendahnya kadar kolesterol jahat dalam darah dapat membuat jantung tetap berdetak kuat. Karena buncis dapat membantu mengatur sindrom metabolik maka resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes dapat dicegah. Dan salah satu kelebihan buncis yang tak boleh diremehkan adalah kemampuannya dalam mencegah dan menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Hal ini berkat tingginya kandungan antioksidan yang dapat menyelidiki dengan seksama keberadaan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buncis juga merangsang kinerja agen anti-karsinogenik. Oleh sebab itu, rutinlah mengonsumsi buncis supaya kanker payudara, usus besar, leukimia, serviks, paru-paru, lambung, pernafasan, mulutlimfa, dan prostat tak berani mendekat.

  1. Meningkatkan kesuburan dan melindungi bayi baru lahir

Percaya atau tidak, gaya hidup dan pola makan seseorang turut menentukan kesuburan. Agar infertilitas menjauh, maka konsumsilah sayur memiliki indeks glikemik rendah serta banyak mengandung folat dan zat besi seperti buncis.

  1. Menurunkan resiko sekaligus membantu merawat diabetes

Bagi penderita diabetes atau obesitas yang harus selalu memonitor kadar glukosanya, maka pilihlah buncis ketimbang kentang panggang atau nasi karena kedua makanan ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Di samping rendah indeks glikemiknya, buncis juga memegang peranan penting untuk mengurangi infeksi yang sering dialami pasien diabetes.

Itu dia 6 manfaat buncis yang wajib kamu ketahui ya sahabat hawa! Seminggu berapa kali sih kamu mengonsumsi buncis?

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: