9 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Melahirkan Pertama Kali

Scroll down to content

shutterstock_181001375.jpg

Setelah sembilan bulan kehamilan, kini Anda tinggal selangkah lagi untuk akhirnya dapat bertemu dengan malaikat kecil Anda. Terlebih lagi jika Anda saat ini sedang hamil dengan anak pertama, Anda mungkin merasa gugup tentang persalinan dan melahirkan pertama kali.

Kami telah membuat daftar pertanyaan yang Anda miliki tentang persalinan, dan memberikan jawaban yang akan memudahkan kekhawatiran Anda.

Apakah saya akan sadar saat air ketuban saya pecah?


Anda mungkin tidak akan sadar bahwa air ketuban Anda sudah pecah dan terbangun kaget menemukan bekas ompolan di seprai Anda, jika ini terjadi di malam hari. Jika pecah di siang hari, Anda mungkin mengira Anda baru saja kencing di celana — kebocoran urin di penghujung kehamilan termasuk normal akibat kepala bayi yang menindih kandung kemih Anda — tapi kebanyakan wanita akan bisa cepat menyadari bahwa itu bukan urin. Sensasi dan bau air ketuban berbeda dari urin. Kadang, air ketuban bisa sedikit menyembur, yang membuat Anda harus cepat-cepat ganti pakaian, tapi kemudian bisa tidak keluar lagi akibat posisi kepala bayi yang memblokir bukaan rahim sehingga cairan hanya akan keluar lagi jika anda berganti posisi. Kadang, air ketuban pecah hanya menetes pelan.

Apa Tandanya Kalau Ini Sudah Waktunya Melahirkan


Banyak tanda-tanda yang memberi Anda isyarat bahwa persalinan sudah dekat, seperti keluarnya lendir-darah (mucous plug), bayi turun atau “merosot jatuh”, dan perasaan kram yang disertai gejala umum flu; tapi pada umumnya Anda akan bertumpu pada durasi kontraksi yang menjadi lebih lama, lebih kuat, dan lebih dekat dalam satu waktu. Kontraksi adalah pengetatan otot rahim dan dapat berlangsung dari sekitar 45-90 detik di akhir persalinan. Perut Anda menjadi sangat keras selama kontraksi dan kemudian melembut lagi. Pada awalnya kontraksi tidak terasa sakit tapi akan jadi sangat kuat seiring kemajuan persalinan.

Kapan harus segera ke rumah sakit?

Untuk Anda yang akan melahirkan pertama kalinya, dan dengan ketiadaan asistensi petugas medis, disarankan untuk segera ke rumah sakit saat jarak antar kontraksi sekitar 3-4 menit, selama 1 menit setiap kalinya, dan polanya menetap selama satu jam (4-1-1).

Apakah tidak lebih baik untuk melahirkan di rumah saja?

Ibu yang memilih untuk melahirkan pertama kalinya di rumah membawa risiko Bayi lahir mati atau bayi mati mendadak (SIDS) yang lebih tinggi daripada yang memilih untuk melahirkan di rumah sakit/klinik persalinan, dilansir dari the Guardian. Lebih lanjut, 45% persalinan di rumah yang direncanakan berakhir dengan intervensi medis yang mengharuskan ibu dipindahkan ke rumah sakit selama persalinan.

Kapan Saya Harus Mulai Mengejan

Menurut Journal of Midwifery & Women’s Health, dilansir dari Health Line, begitu leher rahim Anda terbuka lebar (sekitar 10 cm) dokter atau bidan akan mulai menginstruksikan Anda untuk mengejan. Mengejan dilakukan secara naluriah dan sekeras yang Anda rasa perlu.

Bagaimana jika saya buang air besar selama bersalin?

Wajar jika Anda tidak sengaja buang air besar selama bersalin. Tidak perlu malu, karena dokter dan staf kebidanan sudah terbiasa dengan ini — dan juga menjadi bagian dari tugas mereka untuk membersihkannya selama prosedur.

Kapan saya boleh mulai menyusui bayi saya?

Setelah dokter/bidan Anda selesai mengecek status keseluruhan bayi Anda (uji Apgar, memotong ari-ari, mengambil ambil sampel darah) — bisa dilakukan sambil Anda mendekapnya — Anda boleh mulai menyusui sesegera mungkin.

Sudah Siapkah Sahabat Hawa??

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIAads 6 alt1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: