Tak cuma salmon, 7 jenis ikan ini baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi

Scroll down to content
Sahabat Hawa. Setelah bayi mendapatkan ASI Esklusif selama 6 bulan pertama, si kecil tentunya akan lanjut pada tahapan MPASI. Di mana ia sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan, baik buah-buahan, sayuran, ikan, ataupun daging.
arg.png
 
Tapi, sebelum memberikannya, pastikan si kecil tidak memiliki reaksi alergi (alergenik) ya. Pasalnya tidak sedikit bayi yang mengalami alergi makanan laut.
 
Ikan yang baik untuk bayi juga termasuk ikan yang mengandung sedikit merkuri. Jenis-jenis ikan yang rendah merkuri termasuk tuna kaleng (bukan albacore, atau tuna “putih”, yang lebih tinggi dalam merkuri), salmon, cod, lele, flatfish, dan pollock, aman dikonsumsi untuk bayi.

Untuk menjaga kadar merkuri tetap rendah, para orangtua harus membatasi jumlah makan ikan untuk bayi kurang dari 12 ons per minggu.
 
7 Ikan yang Bisa Sahabat Hawa Pilih
1. Bandeng
Tahukah Sahabat Hawa jika ikan yang dikenal memiliki banyak duri ini mengandung protein, asam lemak omega-3, dan tidak mengandung karbohidrat? Selain itu, kandungan DHA-nya juga tinggi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil
 
2. Kembung
Nyatanya, ikan kembung menjadi salah satu pilihan ikan lokal yang direkomendasikan untuk MPASI si kecil. Selain mengandung banyak DHA dan omega-3, ikan kembung juga mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Mulai dari vitamin B12., vitamin D, termasuk kandungan fosfor yang tinggi. Dan tahukah Parents bahwa kandungan omega-3 ikan justru lebih tinggi dibandingkan ikan salmon?
 
3. Lele
Ikan lele juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan dibutuhkan bayi. Di samping itu, kandungan proteinnya sangat tinggi, termasuk fosfor yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.
 
4. Belut
Belut sangat baik untuk pertumbungan anak-anak karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan pertumbuhan anak. Mulai dari zat besi, asam aspartat dan asam glutamat, dan vitamin B1, B2, A. Belum lagi dengan kandungan penting lain seperti protein dan asam amino.
5. Gabus
Siapa sangka kalau ikan gabus juga baik untuk MPASI si kecil. Namun penting untuk dicatat, ikan gabus ini dipilih tentu saja ikan yang masih fresh. Faktanya, ikan ini mengandung protein album tertinggi dibandingkan sumber protein albumin yang ada pada ikan-ikan lainnya.
 
6. Teri
Sahabat Hawa mungkin akan merasa khawatir dan bertanya-tanya, apakah si kecil bisa mengonsumsi teri? Bagaimana dengan rasa asin atau risiko akan kandungan merkuri serta formalin di dalamnya? Tak perlu was-was selama ikan teri yang dipilih dan diberikan adalah ikan teri yang fresh. Lagi pula ikan ini dikenal sebagai sumber makanan yang kaya kalsium dan kaya asam lemak omega-3.
7. Nila
Meskipun kandungan Omega 3 yang terdapat di dalamnya tidak tinggi, namun ikan nila, khususnya nila merah sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Hal ini dikarenakan ikan nila merah mengandung selenium, fosfor dan omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi, terutama perkembangan organ, sel otak, tulang dan gigi.
Di samping itu, kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam ikan nila merah juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah.
Tanda-tanda bayi alergi ikan
Tanda-tanda alergi makanan adalah pembengkakan wajah (termasuk lidah dan bibir), ruam kulit, mengi, kram perut, muntah, dan diare. Jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda ini – ringan atau parah – atau mengalami kesulitan bernapas segera setelah makan makanan baru, hubungi nomor darurat lokal Anda segera.
Ada pertanyaan? sharing di Aplikasi Hawa yaa..
Yuk segera Download 😉

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

ads 11alt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: