Minum Air Es Saat Haid Bisa Picu Kista dan Kanker Rahim?

Scroll down to content

b712b406-fb7d-4bbf-a484-eef6336754ae_169.jpg

Belakangan ini banyak wanita yang resah, karena tersebarnya pesan Whatsapp yang berisi himbauan untuk tidak minum air es saat haid. Disebut-sebut karena bisa menyebabkan penebalan dinding rahim, sehingga mengakibatkan kista dan kanker rahim.

Terkait hal ini, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, mengatakan kabar yang tersebar merupakan berita yang salah dan hanya mitos. Sebab, kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang tidak normal, bukan karena konsumsi minuman, termasuk saat haid.

“Kalau misalnya terbentuk kantong berisi cairan itu namanya kista. Sedangkan kalau membesar dan padat itu namanya tumor dan itu nggak ada hubungannya dengan minum air es,” kata dr Erza 

Lebih lanjut, dr. Erza menjelaskan bahwa penyakit seperti kista, tumor, hingga kanker rahim bisa terjadi karena berbagai sebab. Seperti genetis dan gaya hidup yang tidak sehat (merokok, konsumsi alkohol).

Jadi jika masih ada yang mengatakan bahwa minum air es saat haid, bisa membuat darah haid membeku dan tersisa di dinding rahim, hingga menyebabkan kista. sAHABAT Hawa tak perlu lagi mempercayainya.

Apalagi, sebenarnya air es memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat air dingin atau air es bagi tubuh kita

Manfaat minum air es saat haid

1. Melancarkan peredaran darah ke kulit wajah

Mencuci muka dengan air dingin atau air es, bisa meningkatkan aliran darah ke wajah, sehingga muka tampak lebih bercahaya. Air dingin juga menjaga kandungan minyak esensial di kulit wajah yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

2. Meningkatkan detak jantung

Minum air es saat bangun tidur di pagi hari, bisa membantu seluruh oragn di dalam tubuh menjadi aktif. Air dingin juga mengaktifkan sensor di bawah kulit dan meningkatkan denyut jantung. Sehingga Anda menjadi lebih cepat terjaga dan bebas kantuk

3. Membuat rambut lebih berkilau

Mencuci rambut, atau keramas dengan menggunakan air dingin/air es akan membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau. Juga membuat kulit kepala lebih sehat.

4. Menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa sakit

Bila tangan teriris pisau, celupkan pada air dingin/air es aga pendarahan segera berhenti. Anda juga bisa merendam kaki di wadah berisi air es untuk menghilangkan rasa pegal dan otot yang sakit setelah aktifitas padat seharian.

5. Meningkatkan level hormon estrogen dan testosteron

Bila Anda dan pasangan mengalami kesulitan untuk menikmati hubungan intim, minum air es bisa menjadi solusi. Karena air es meningkatkan level hormon seksulitas, yakni estrogen dan testosteron. Dengan minum air es, Anda dan pasangan bisa merasakan hubungan intim yang lebih menggairahkan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Ceko menunjukkan, orang yang berendam air dingin tiga kali dalam seminggu, memiliki tingkat sel darah putih yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak melakukannya

DOWNLOAD HAWA DI PLAYSTORE MU SEKARANG JUGA 😉

HAWA ads 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: