Waspada! 10 Tanda Ini Moms Akan Alami Keguguran

Scroll down to content
keguguran.jpg
Sahabat Hawa, saat kamu mengetahui bahwa kamu sedang hamil, pasti rasa bahagia menyelimuti hari-hari mu. Tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata, karena hal ini hanya dirasakan oleh wanita saja.  kado terindah yang diberikan oleh Tuhan tentu harus kita jaga baik-baik. Namun apa yang terjadi jika ‘amit-amit’ terjadi keguguran?
Berikut ini ciri-ciri atau gejala keguguran pada kehamilan yang harus kamu waspadai
1. Merasakan sakit 
Saat mengalami keguguran, pelvis akan mengejang, dan akan ada rasa sakit di perut yang terus-menerus. Rasa sakit tersebut dapat berlanjut hingga beberapa hari setelah pengejangan dan bahkan sebelum pengejangan terjadi.
2. Darah dari vagina 
Jika keluar darah dari vagina dan terdapat lembaran-lembaran seperti daging, dapat dipastikan keguguran telah terjadi.
3. Kehilangan tanda kehamilan 
Jika tanda-tanda kehamilan seperti morning sickness atau mual, keletihan, sakit pada bagian belakang tiba-tiba tidak lagi dirasakan, hal ini dapat diperkirakan adalah pertanda terjadinya keguguran.
4.
4. Tidak ada pergerakan janin
Tentu saja bayi bergerak di dalam rahim. Ada kalanya dia diam yang mungkin menandakan bahwa ia sedang tidur, dan ada saat dia bergerak-gerak. Jika pola ini tidak lagi dirasakan, segera periksakan ke dokter kalau-kalau terjadi keguguran.
5. Sakit di bagian belakang
Jika terasa sakit yang berkelanjutan di punggung, hal tersebut menjadi tanda terjadinya pengejangan dan dapat dijadikan sebagai indikasi keguguran.
6. Serviks terbuka
Dalam kehamilan normal, serviks dalam keadaan tertutup. Jadi, jika serviks terbuka, dapat diperkirakan keguguran telah terjadi.
7. Pendarahan
Jika terjadi keguguran, akan terjadi pendarahan yang sangat banyak. Namun hal ini tidak berarti setiap pendarahan adalah keguguran karena hal tersebut juga bisa terjadi pada kehamilan normal.
8. Perubahan test pack dari positif menjadi negatif
Jika dirasa ada gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya untuk memastikan dengan test pack. Jika mulanya positif dan saat dilakukan pengecekan ulang ternyata negatif, bisa jadi terjadi keguguran. Namun sebenarnya ada kemungkinan lain yaitu hamil di luar rahim atau ektopik. 
9. Denyut jantung bayi tidak dirasakan
Jika tiba-tiba denyut jantung tidak dapat dideteksi, dapat diperkirakan bahwa bayi di dalam kandungan tidak lagi hidup.
10. Jumlah hormone HCG turun
Hormon HCG adalah hormon yang menyesuaikan janin dengan keadaan tubuh ibu, jadi jika hormon ini turun, maka dapat dipastikan terjadi keguguran.
 
Itulah beberapa gejala dari keguguran. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya para wanita hamil lebih memperhatikan kesehatan janin mu ya. 
Sahabat Hawa pernahkah kamu alami keguguran? boleh ceritakan dan sharing di kolom komentar ini ya.. supaya menjadi pelajaran bagi Sahabat Hawa lainnya 🙂
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: