Moms Hati-Hati Sebagian Minyak Ikan untuk Ibu Hamil Justru Membahayakan Janin

Scroll down to content

Screenshot_1.png

Anggapan yang beredar selama ini menyatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil membawa manfaat posiif, termasuk untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi. Namun, nyatanya klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang penting untuk menunjang metabolisme tubuh. Minya ikan untuk ibu hamil disarankan karena diklaim lebih baik daripada mengonsumsi daging ikan yang berisiko tinggi mengandung merkuri. Merkuri tersimpan di dalam daging atau protein ikan, bukan pada bagian lemak dari mana minyak ikan berasal. 


Cermati Sebelum Mengonsumsi

Minyak ikan umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang dapat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi. EPA dan DHA yang terkandung dalam minyak ikan omega-3 ditengarai memiliki peran dalam perkembangan otak bayi, mengurangi risiko asma pada bayi, berpotensi mencegah persalinan prematur, dan menurunkan risiko preeklamsia. Selain itu, konsumsi minyak ikan pada ibu menyusui diduga dapat meningkatkan energi ibu.


Suplemen minyak ikan untuk ibu hamil ini umumnya berupa gel, cairan, maupun tablet kunyah. Meski begitu, Anda perlu mencermati produk-produk yang Anda beli karena terdapat dua jenis minyak ikan. Berikut penjelasannya:

  • Suplemen omega-3 yang terbuat dari tubuh ikan yang relatif aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
  • Suplemen yang terbuat dari hati ikan, seperti minyak ikan kod, yang tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Minyak ikan kod umumnya mengandung retinol dalam kadar tinggi, yaitu bentuk lain dari vitamin A, yang dapat membahayakan janin.   

Pilihan Selain Minyak Ikan

Hingga saat ini tidak ada rekomendasi resmi bahwa wanita hamil harus mengonsumsi suplemen minyak ikan. Untuk mendapatkan manfaat omega-3, lebih baik mengonsumsi ikan secara langsung daripada meminum suplemen minyak ikan. Daging ikan adalah sumber nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan janin dan ibu hamil. Salmon, sarden, ikan air tawar, kod, ikan haring, kerang, kepiting, dan udang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi ibu hamil. Tetapi tidak demikian dengan ikan tuna kaleng yang minyaknya telah hilang selama pemrosesan.

 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

46063172_2137490566285231_1885947721953574912_n

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: