Ingin luka jahitan setelah persalinan cepat kering? Konsumsi 4 makanan ini

Scroll down to content
Duh siapa yang tidak ngilu saat mendengar Robekan jahitan saat melahirkan? 
merawat jahitan setelah melahirkan-722b216f35ad9919bb9dd20df47eb4c2.jpg
 
Robekan pada jalan lahir bisa terjadi akibat tekanan yang kuat saat ibu mengejan di persalinan normal. Akibatnya, sebagian wanita perlu mendapatkan jahitan di bagian antara anus dan vagina (perineum). Agar luka jahitan setelah melahirkan normal cepat kering, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh Sahabat Hawa..
 
Perlu diingat lebih dulu, sebenarnya tidak semua ibu hamil mengalami robekan saat persalinan normal. Ada pula yang mengalami robekan, tetapi tidak sampai membutuhkan jahitan. Semua ini tergantung dari tahap episiotomi yang dialami.

Jahitan episiotomi sendiri merupakan jahitan yang dibuat sebagai hasil dari robekan perineum. Ada beberapa hal yang menyebabkan episiotomi perlu dilakukan saat persalinan normal, yaitu:
  • Kelahiran bayi pertama Anda
  • Posisi bayi sungsang
  • Berat bayi lebih dari 4 kg
  • Bayi lahir dengan alat bantu forceps
Jahitan episiotomi sendiri merupakan jahitan yang dibuat sebagai hasil dari robekan perineum. Ada beberapa hal yang menyebabkan episiotomi perlu dilakukan saat persalinan normal, yaitu: Bila Anda mendapatkan luka jahitan, umumnya akan sembuh satu bulan setelah melahirkan. Akan tetapi beberapa ibu mengalami penyembuhan yang lebih lama. Salah satu yang dapat membantu jahitan setelah melahirkan normal cepat kering adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan.
 
Makanan yang membantu proses penyembuhan luka jahitan cepat kering
 
1. Makanan dengan Vitamin C
Tubuh kamu bergantung pada vitamin C untuk penyembuhan luka, termasuk luka yang memerlukan jahitan. Hal ini dikarenakan vitamin C bisa memperbaiki kolagen pada kulit. Kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit dan jaringan kamu dan diperlukan untuk proses penyembuhan luka. 
 
2. Makanan dengan kandungan Zinc
Zinc atau seng bekerja dengan cara yang mirip dengan vitamin C, yang mendorong kulit dan sel-sel kulit untuk memperbaiki diri. Dengan begitu, luka jahitan akan pulih dengan baik dan lebih cepat. Seng juga memungkinkan jaringan kulit pulih lebih cepat.
 
3. Makanan dengan kandungan Vitamin A  atau Beta-Karoten

Makanan yang mengandung vitamin A termasuk produk susu dan hati. Sedangkan makanan yang mengandung beta-karoten termasuk wortel, blewah, kentang manis dan sayuran hijau, seperti bayam, selada dan selada romaine.
 
4. Makanan dengan Protein
Makanan yang mengandung protein dapat membantu luka jahitan sembuh dengan baik karena nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Klinik Cleveland melaporkan bahwa makanan dengan protein dianggap sebagai “kekuatan” makanan untuk meningkatkan penyembuhan luka.
 
Jika Sahabat Hawa mengalami robekan yang parah, dokter kandungan mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi. Atau akan diberi pelancar buang air besar untuk memudahkan proses buang air besar tanpa memengaruhi jahitan.
 
Sahabat Hawa disini ada yang pernah mengalami jahitan saat proses melahirkan? boleh sharing di kolom komentar ya
 
Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
ads-11alt

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: