Mengagumkan! Lihat perkembangan janin kembar dari minggu ke minggu ini

Scroll down to content

Screenshot_3.png

Kehamilan adalah proses menakjubkan yang bisa dialami Bunda. Apalagi bila Bunda hamil bayi kembar. Tentunya Bunda dan Ayah tak sabar sekaligus degdegan menanti kehadiran mereka. Ingin tahu seperti apa proses perkembangan janin kembar?

Peg Gerrity, ilustrator medis yang terkenal, menggambarkan perkembangan janin kembar di dalam rahim, sejak awal kehamilan hingga mereka siap lahir ke dunia.

Perkembangan janin kembar 3 MINGGU

1.png

Pada kembar tidak identik, yang juga dikenal sebagai kembar dizigotik adalah yang paling umum. Setiap bayi tumbuh dari sel telur yang dibuahi terpisah (zigot).

Di usia 3 minggu setiap zigot telah berkembang menjadi bola beberapa ratus sel, yang disebut blastokista. Mereka bisa berkembang menjadi kembar laki-laki, kembar perempuan atau laki-laki dan perempuan

Perkembangan janin kembar 4 MINGGU

2.pngSi kembar sekarang adalah embrio, terdiri dari dua lapisan sel dari mana semua organ dan bagian tubuh akan berkembang. Pada minggu depan, masing-masing embrio akan memiliki kantung amnion dan plasenta sendiri.

Perkembangan janin kembar 8 MINGGU

3.pngDi usia ini, janin kembar Anda sudah memiliki lengan dan kaki yang bisa ditekuk. Detak jantung mereka juga sudah Anda dengar saat pemeriksaan USG. Sel saraf di otak mereka bercabang untuk terhubung satu sama lain.

Perkembangan janin kembar 12 MINGGU

4.pngSi kembar sudah bisa menendang dan meregangkan tubuh. Mereka sudah bisa saling menyentuh, dan kuku kecil mereka mulai tumbuh. Kelopak mata menutupi mata mereka, dan tunas gigi mulai tumbuh di bawah gusi mereka.

Perkembangan janin kembar 16 MINGGU

5.pngBayi-bayi Anda sudah memiliki sidik jari unik mereka sendiri. Mereka bisa meringis dan menyipitkan mata. Parents juga sudah bisa melihat jenis kelamin mereka lewat USG di usia kandungan ini, lho.

Perkembangan janin kembar 20 MINGGU

6.pngBicaralah pada anak kembar Anda. Mereka sudah bisa mendengar suara Anda sekarang. Rambut tumbuh di kepala mereka. Kulit mereka juga telah mengembangkan lapisan putih berminyak untuk melindunginya dari cairan ketuban.

Perkembangan janin kembar 24 MINGGU

7.png

SAlis bayi Anda mulai tumbuh. Tunas gigi untuk bayi dan gigi dewasa pada tempatnya. Selain itu, indra pengecap mereka mulai bisa bekerja. Di usia ini kulit mereka merah dan keriput, tidak masalah apa warna kulit mereka setelah lahir.

Perkembangan janin kembar 28 MINGGU

8.png

Si kembar Anda sudah bisa membuka kelopak mata mereka. Lapisan lemak terbentuk di bawah kulit mereka. Mereka juga sudah bisa menyedot jari mereka. Di usia ini Anda mungkin juga sudah bisa merasakan mereka saat cegukan.

Perkembangan janin 32 MINGGU

9

Kuku sudah menutupi jari dan jari kaki bayi Anda. Lengan, kaki, dan torso makin berkembang dengan sempurna. Beberapa bayi bahkan sudah memiliki rambut di usia ini.

Perkembangan janin 36 MINGGU

10.png

Kebanyakan bayi kembar lahir di usia 36 minggu. Paru-parunya berkembang dengan baik pada usia 34 minggu. Mereka menghabiskan beberapa minggu terakhir mereka membangun lapisan lemak dan menambah berat badan. Rata-rata bayi kembar yang baru lahir memiliki berat 2 hingga 2,5 kg.

Bagaimana menurut Sahabat Hawa, benar-benar menakjubkan, ya?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Copy of Ads (1)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: