9 Kondisi ini mengharuskan Bunda melahirkan caesar

Scroll down to content

Screenshot_3.png

Ibu hamil bisa saja menjalani Operasi Caesa loh sahabat hawa, karena Operasi caesar mungkin menjadi pilihan terakhir bagi sebagian besar ibu hamil. Risiko komplikasi dan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan persalinan normal menjadi alasan operasi caesar jadi opsi terakhir.

Namun, memang ada beberapa pertimbangan mengapa dokter merekomendasikan untuk melakukan persalinan caesar.

Alasan operasi caesar #1: Preeklamsia

Jika Sahabat Hawa memiliki tekanan darah tinggi selama masa kehamilan, maka besar kemungkinan dokter akan menganjurkan C-section. Selain itu, preeklamsia juga akan membuat proses persalinan penuh tekanan sehingga akan berdampak pada bayi.

Ibu hamil dengan preeklamsia akan mengalami gangguan oksigen atau abrupsi plasenta jika memaksakan diri melahirkan dengan proses normal.

Alasan operasi caesar #2: Diabetes


Untuk Anda yang memiliki berat badan berlebih dan menderita diabetes selama hamil, maka cenderung melahirkan bayi berukuran besar. Tentu saja kondisi ini akan menyulitkan persalinan normal.

Kondisi ini juga akan mendorong pankreas bayi untuk memproduksi lebih banyak insulin sehingga bayi lahir dengan ukuran lebih besar.

Alasan operasi caesar #3: Tidak ada kemajuan persalinan

Ada ragam alasan Anda akan mengalami kemajuan yang lamban dalam menghadapi persalinan, misalnya stres selama hamil atau depresi yang tidak terkontrol. Di samping itu, leher rahim yang menipis akan membuat energi ibu terkuras sehingga biasanya operasi caesar akan menjadi pilihan.

Alasan operasi caesar #4: Fetal distress

Fetal distress adalah suatu kondisi di mana bayi mengalami kekurangan oksigen atau disebut juga asfiksia lahir. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan yang sudah terjadi sebelum persalinan, misalnya denyut jantung bayi tidak normal dan gerakan janin kurang aktif karena adanya zat asing dalam cairan ketuban.

Alasan operasi caesar #5: Mengalami masalah plasenta


Masalah plasenta previa yang biasanya dialami ibu hamil di usia kehamilan trimester ketiga menjadi kondisi lain Anda harus melahirkan dengan operasi caesar.

Plasenta previa yaitu suatu kondisi ketika plasenta berada di bawah rahim sehingga menghalangi serviks. Jika dipaksakan melahirkan dengan persalinan normal, maka dapat mengakibatkan perdarahan yang berbahaya bagi janin.

Silahkan sharing di kolom komentar ya..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
imgpsh_fullsize_anim (10)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: