Hati-Hati Jarang Membersihkan Area Kewanitaan Saat Haid, Berujung Sulit Hamil

Scroll down to content
Saat menstruasi, banyak perempuan yang tidak peduli akan kebersihan area kewanitaannya. Fakta membuktikan, 40% perempuan, tidak mengerti cara untuk membersihkan organ intim saat menstruasi.
Padahal, saat menstruasi bakteri akan menumpuk di area kewanitaan dan pembalut. Hal inilah yang rongga vagina infeksi, lali rongga rahim naik ke atas, ada dampak yang bisa terjadi, salah satunya infertilitas.
 

Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) menjelaskan, saat daerah vagina dan rahim terinfeksi, maka sperma tidak bisa masuk bertemu dengan sel telur. Hal inilah yang menyebabkan terjadi pembuahan atau kehamilan menjadi sulit.

“Jadi kalau ada yang mau punya anak, coba periksa, ada infeksi jamur atau tidak ke dokter. Siapa tahu itu yang menyebabkan sulit hamil,” ungkapnya.

Infeksi saluran kemih

 

Selain itu, infeksi di area kewanitaan juga bisa menjalar ke kantung kemih, sehingga perempuan juga bisa mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini kata dr. Dwiana dikarenakan lubang kantung kemih dengan lubang vagina berada sangat dekat sekali.

Maka tak ada salahnya membersihkan area kewanitaan saat menstruasi, ia menyarankan minimal mengganti pembalut 2-3 jam sekali atau maksimal 4-6 jam sekali.

Sahabat Hawa, jika kamu hendak pergi ke kamar mandi, baiknya bersihkan juga area kewanitaan.. menggunakan air bersih dan tangan, jangan dulu menggunakan sabun ya.. karena nantinya akan tercampur dengan darah haid. Kamu juga harus minum air putih yang banyak agar sering buang air kecil dan lebih sering ke kamar mandi, nantinya akan sering pula membersihkan daerah kewanitaan.

Hindari pemakaian pembalut berjam-jam lamanya ya Sahabat Hawa, karena pembalut memiliki bahan bahan kimia yang jika dibiarkan berjam jam bakteri akan menumpuk sehingga lari ke dalam rahim kita.

 

Download Aplikasi Hawa Sekarang juga yaa 😉

6cb17551e8947c4db8d108775f1252e9

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: