Sudah Telat Haid, Lalu Kapan Waktu Untuk Menggunakan Testpack?

Scroll down to content
Sahabat Hawa telat menstruasi? Ini karena hamil atau bukan ya? Hmm, biasanya pertanyaan tersebut terlintas di kepala jika Sahabat Hawa aktif secara seksual dan tengah menanti kehadiran si kecil.
 
Kalau sudah telat menstruasi begini apakah pertanda sudah saatnya membeli test pack untuk cek kehamilan? Idealnya, menurut Mayo Clinic, waktu terbaik untuk menjalani tes kehamilan mandiri di rumah adalah setelah melewati tanggal menstruasi seharusnya. Dengan kata lain, seminggu penuh setelah menstruasi kita terlewat. 

Apabila hamil, tubuh Bunda memerlukan waktu untuk menghasilkan Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Biasanya butuh waktu tujuh sampai 12 hari setelah implantasi sel telur (menstruasi). Menurut penelitian tahun 2014, mencoba tes pada waktu tersebut bisa memberikan hasil yang paling akurat, sekitar 99 persen.
 
Apabila Bunda mengecek sebelum atau sehari setelah tanggal menstruasi, sebagian besar tes kehamilan tidak sensitif untuk mendeteksi hCG. Apabila Bunda sudah melakukan tes dan hasilnya negatif, Bunda bisa mengulangi tes kehamilan seminggu kemudian.

Nggak hanya menghasilkan false negative, Bun, tes kehamilan yang dilakukan terlalu dini juga bisa menunjukkan false positive (positif palsu). Pun apabila Bunda minum obat kesuburan yang mengandung hCG atau jika Bunda baru saja mengalami kehamilan ektopik atau keguguran, hasil tes kehamilannya bisa tidak akurat.
 
Untuk menghindari false positive atau false negative, sejumlah peneliti dan dokter merekomendasikan melakukan tes kehamilan setelah bangun tidur di pagi hari, yakni saat urine ekstra konsentrat. Saat itu merupakan waktu di mana hasil tesnya paling akurat.
 
Sahabat Hawa biasanya melakukan testpack pada waktu kapan? Sharing hasil testpack kamu di kolom komentar ya.. pernah ga sih dapat testpack positif tapi kehamilan kosong?
 
Sumber FHAWA
Ads 5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: