Jangan Salah, Keputihan Bisa Jadi Tanda Kamu akan Hamil lho Moms!

Scroll down to content
Screenshot_8
Sahabat Hawa, Keputihan adalah cairan lendir berwarna bening atau kuning kecoklatan yang umumnya tidak berbau. Keputihan biasanya muncul saat seseorang akan haid (menstruasi). 
 
Faktanya, rata-rata setiap wanita dapat menghasilkan sekitar satu sendok teh lendir yang kental atau encer tanpa bau setiap hari, dan warnanya dapat berubah dari putih jernih hingga kecoklatan. Warna dan tekstur yang berbeda dipengaruhi oleh hormon dan kondisi yang sedang dialami wanita.
Namun tahukah kamu bahwa keputihan juga bisa muncul sebagai tanda kehamilan lhoo. Terdapat perbedaan antara keputihan mau haid dan hamil, meskipun sebagian wanita tidak menyadarinya. Mari kita bahas tuntas pada artikel hawa, apa saja sih perbedaan keputihan tanda mau haid atau tanda kehamilan?
 
Bagaimana Keputihan Tanda Hamil?
Setelah melewati masa subur, sebagian besar wanita hanya mengeluarkan lendir keputihan yang sedikit dan semakin menurun. Lain halnya apabila yang terjadi adalah kehamilan, maka cairan keputihan yang terbentuk tetap banyak. Hal ini terjadi karena di samping progesteron, estrogen juga terus disekresikan selama kehamilan.
 
Sekitar 2 minggu setelah masa subur atau ovulasi, implantasi akan terjadi dan pada titik ini keputihan kental yang berwarna putih keruh akan meningkat jumlahnya. Hal ini didukung dengan suhu tubuh yang relatif lebih tinggi dan tanda-tanda serta gejala awal kehamilan lainnya. 
 
Kondisi yang perlu diwaspadai
Keputihan sebelum haid ataupun tanda hamil dengan ciri-ciri seperti di atas merupakan kondisi normal yang tak perlu dikhawatirkan. Namun, waspadalah jika ternyata yang terjadi adalah keputihan dengan ciri-ciri di bawah ini:

Berwarna kuning terang, hijau atau abu-abu.

  • Berwarna kuning terang, hijau atau abu-abu
  • Keputihan berbau busuk atau aneh
  • Berwarna putih dan keluar dalam bentuk gumpalan-gumpalan
  • Keputihan berbusa
  • Menimbulkan rasa panas, gatal, nyeri panggul, atau demam.
“Keputihan mau Haid dan Hamil memang sulit dibedakan. Secara umum, apabila lendir keputihan jumlahnya terus menurun dan menjadi berwarna putih dan kental saat mendekati jadwal menstruasi selanjutnya, maka itulah pertanda mau haid. Sebaliknya, keputihan yang tetap banyak, putih keruh – krem, terkadang disertai sedikit bercak darah, maka itulah pertanda akan hamil“.
 

Apakah Sahabat Hawa pernah mengalaminya? sharing dikolom komentar yuk!

imgpsh_fullsize_anim (10)

 

One Reply to “Jangan Salah, Keputihan Bisa Jadi Tanda Kamu akan Hamil lho Moms!”

  1. assalamu’alaikum, saya sudah menikah
    saya sudah selesai haid tgl 12 okt kemari, tadi siang saya keluar keputihan tapi campur sedikit darah, apakah itu tanda hamil atau keputihan biasa?
    trimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: