Tanda-Tanda Kalau Moms Akan Segera Melahirkan Si Kecil

Scroll down to content

1f48077beefe1cea0277bf1786bc2972.jpg

Kalau Sahabat Hawa sedang hamil besar, pasti rasanya campur aduk ya. Ada gugup, cemas, takut yang bercampur bahagia. Iya, gugup menjelang hari-H melahirkan. Sekaligus bahagia karena akan bertemu buah hati yang sekian lama dikandung.

Nah, bagi Sahabat Hawa yang baru pertama kali hamil mungkin suka bingung dan bertanya-tanya seperti apa sih tanda-tanda akan melahirkan. Apa benar sakit sekali? Seperti apa sih kontraksinya? Lalu berapa lama waktunya ya.

Nah, berikut ini tanda-tanda ibu hamil akan segera melahirkan, seperti dikutip dari What to Expect dan American Pregnancy, di antaranya:

Janin Sudah Masuk ke Panggul

Salah satu tanda waktu melahirkan sudah dekat adalah apabila janin sudah masuk ke panggul. Nah, saat sudah masuk ke panggul, kepala bayi umumnya di bawah sehingga lebih rendah. Ini adalah pertanda bayi sudah siap lahir.

Menurut American Pregnancy, kalau bayi posisinya sudah turun, Sahabat Hawa sudah bisa bernapas lebih lega. Sebab posisi ini mengurangi beberapa tekanan pada diafragma, alhasil Sahabat Hawa nggak terlalu sesak lagi saat bernapas. Meski sudah bisa bernapas lebih lega, tapi Sahabat Hawa mungkin jadi sering buang air kecil. Ini karena kepala bayi semakin menekan kandung kemih.

Serviks Melebar

Serviks juga mulai mempersiapkan kelahiran di jabang bayi, yakni dengan mulai terbuka atau melebar. Selanjutnya dilatasi atau pembesaran serviks ini diukur menggunakan satuan sentimeter atapun menggunakan jari saat melakukan pemeriksaan panggul internal (manual).

Tapi perlu diingat ya, Sahabat Hawa, bertambahnya bukaan serviks setiap ibu itu berbeda-beda. Jadi Sahabat Hawa jangan berkecil hati kalau melebarnya serviks terjadi perlahan-lahan atau butuh waktu yang lama. Dilatasi yang lengkap artinya berada pada jarak 10 sentimeter. Disebut juga sebagai bukaan 10, dan tandanya sudah siap banget untuk melahirkan.

Kram dan Nyeri Punggung Lebih Sering

Kram dan nyeri pada pangkal paha akan makin sering dirasakan pada saat-saat menjelang persalinan. Nggak cuma itu, nyeri punggung seperti ketika menstruasi, namun ini lebih

Kalau ini bukan kehamilan pertama, Sahabat Hawa mungkin merasakan sedikit kram dan nyeri pada pangkal paha dan punggung bawah apabila sebentar lagi persalinan. Otot dan persendian juga merenggang dan bergeser sebagai persiapan untuk kelahiran.

Sendi Terasa Lebih Longgar

Selama kehamilan, hormon relaxin telah membuat ligamen menjadi lebih lembut dan longgar. Sebelum melahirkan, Sahabat Hawa mungkin merasa sendi di sekujur tubuh terasa sedikit lebih longgar. Tenang saja ini hanya cara alami tubuh untuk membuka panggul agar si kecil bisa lahir ke dunia.

Diare

Sahabat Hawa bolak-balik ke toilet karena diare? Ini umum terjadi menjelang persalinan. Sama seperti otot-otot di rahim yang rileks untuk persiapan kelahiran, otot-otot lain di tubuh, termasuk di rektum, juga mengalaminya.

Nah, akibatnya, hal itu bisa mengakibatkan buang air besar jadi lebih sering. Meski menyebalkan, ini normal Bun. Jangan lupa untuk tetap cukup minum ya.

Berat Badan Nggak Lagi Bertambah atau Turun

Di awal kehamilan, berat badan kita cenderung naik. Tapi menjelang persalinan berat badan cenderung stabil alias nggak naik lagi. Bahkan beberapa calon ibu ada yang berat badannya turun hingga beberapa kilogram lho, padahal sudah makan banyak-banyak.

Ini normal kok dan nggak akan mempengaruhi berat lahir bayi. Kenapa bisa turun? Ini karena kadar cairan ketuban yang lebih rendah, lantaran lebih sering ke toilet untuk pipis.

Lebih Lelah, Namun Bisa Jadi Lebih Berenergi

Kalau perut sudah semakin membuncit, tandanya kehamilan semakin tua. Hmm, tentu lebih berat beban yang harus dibawa ya, Bun. Wajar banget sih kalau kita jadi lebih sering merasa lelah.

Belum lagi saat malam hari, jadi lebih serba salah di tempat tidur. Kayaknya susah banget dapat posisi tidur yang nyaman sehingga bisa tidur nyenyak sampai pagi. Tapi justru menjelang persalinan beberapa ibu mendapatkan energi di antara kelelahannya untuk melakukan berbagai persiapan menyambut si kecil. Misalnya nih, membersihkan rumah, mengatur perlengkapan bayi, dan sebagainya.

Nah, demikian beberapa tanda bahwa kamu akan segera melahirkan ya. Jika kelahiran kamu sudah diprediksi oleh dokter dalam waktu dekat ini, jangan abaikan beberapa informasi di atas ya.

Buat kamu yang telah melahirkan, share yuk bagaimana kisah kamu saat melahirkan Si Kecil?

Copy of Ads (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: