Jangan Lagi Mengisi Ulang Air Minum pada Botol Plastik Sekali Pakai, Berpotensi Memicu Kanker!

Scroll down to content

Screenshot_22.png

Sahabat Hawa, Jika kamu sering bepergian ke luar rumah, air minum kemasan sudah pasti menjadi barang bawaan yang wajib dibawa ke mana-mana. Biasanya, untuk menghemat pengeluaran, nggak jarang banyak orang yang mengisi ulang botol air minum kemasan tersebut untuk dibawa di hari berikutnya. Memang terkesan lebih ramah lingkungan, namun faktanya hal ini justru berbahaya bagi tubuh lho!

botol air minum kemasan yang didesain sekali pakai ini, akan memiliki risiko jika kamu pakai berulang. Untuk lebih jelasnya. yuk simak informasi dari Hawa berikut ini.

Botol plastik minuman kemasan biasanya mengandung Bisphenol A atau biasa dikenal sebagai BPA yang mana berbahaya untuk kesehatan

BPA ini biasanya digunakan oleh pabrik untuk memadatkan dan membentuk suatu barang termasuk botol kemasan. Dilansir dari laman Hello Sehat, hampir 90% populasi manusia bisa jadi memiliki BPA dalam tubuhnya. Kandungan BPA ini bisa jadi masuk melalui makanan maupun minuman yang diletakkan dalam wadah yang mengandung BPA.

Nggak cuma kandungan kimianya, botol plastik yang digunakan berulang cenderung menjadi sumber bakteri jika kurang teliti ketika membersihkannya

 

Kontaminasi bakteri tersebut akan semakin parah jika botol plastik yang digunakan  berasal dari minuman kemasan sekali pakai. Jika kamu menggunakan botol ini semakin sering, semakin besar kemungkinan bakteri dapat berkembang biak, bahkan meningkatkan risiko menipisnya lapisan botol plastik yang memungkinkan rusaknya lapisan botol.
 
Setiap botol plastik terbuat dari bahan yang berbeda, dengan tujuan penggunaan berbeda pula. Kamu dapat membedakannya dengan memperhatikan angka pada bagian bawah botol
 

Kode segitiga di bawah kemasan plastik nomor 1, 2, 4, dan 5 tergolong aman. Tetapi, sebaiknya hindari penggunaan plastik bernomor 3, 6, dan 7. Meski ada pula plastik botol bernomor 7 yang tergolong ramah lingkungan dan masih aman untuk digunakan namun kamu tetap harus waspada.

Botol plastik PET atau PETE yang dengan label nomor 1 ini biasa digunakan sebagai botol minum sekali pakai. Botol ini merupakan salah satu jenis botol yang nggak bisa diisi ulang dan akan rusak jika terkena suhu panas tinggi.

Penggunaan botol air minum kemasan yang dipakai berulang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan! Nah, kamu patut waspada nih~

 

Mengisi ulang air minum pada kemasan botol sekali pakai dapat menyebabkan kontaminasi pada air. Hal ini terjadi akibat botol yang dibuka terus menerus akan membawa bakteri. Selain itu, bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik dapat berpindah ke air di dalam botol lho! Risiko perpindahan akan meningkat jika botol digunakan untuk menyimpan bahan lain seperti minyak goreng. Belum lagi jika air mineralmu sering terpapar panas.
 
Ngeri banget ya Sahabat Hawa, lebih baik kita membawa tempat minum biasa saja, Apakah Kamu suka mengisi botol isi ulang bekas pakai? 
Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
46063172_2137490566285231_1885947721953574912_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: