8 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Bayi Dalam Kandungan

Scroll down to content

Tahukah Sahabat Hawa? Bahwa Bayi dalam kandungan tidak tidur melulu Loh..

Hamil itu berjuta rasanya. benar gak Sahabat Hawa? ya Meski kamu musti pusing-pusing, mual-mual, sulit tidur, malas bangun pagi atau sering marah tanpa sebab setiap hari. setidaknya kita sangat senang karena akan kedatangan malaikat kecil kedunia ini.

Saat sedang jalan-jalan atau bicara di telepon, mendadak si kecil di dalam perut kamu bergerak-gerak. Kadang tendangannya begitu keras sampai membuat perut terasa sakit. Ini pasti bikin Sahabat Hawa penasaran kan, apa saja sih yang dilakukan bayi dalam kandungan?

1. Membuka mata

Bayi dalam kandungan akan sesekali membuka mata di usia 28 minggu. Ia belum dapat melihat dengan jelas, namun sudah bisa bereaksi terhadap cahaya pada sekitar trimester kedua.

Para periset menyimpulkan bahwa bayi dalam kandungan sudah bisa menghindar dari cahaya. Cahaya ini datang dari luar dan menerobos masuk saat perut kamu terpapar cahaya. Misalnya saat Anda sedang berada di luar rumah di siang hari. Cahaya dari luar tidak berbahaya untuk bayi dalam kandungan.

2. Pipis


Pipis? Betul, Sahabat Hawa. Bayi dalam kandungan sudah bisa buang air kecil sejak akhir trimester pertama loh. Ia menelan cairan ketuban, mencernanya, disaring oleh ginjal dan dibuang kembali dalam rahim dalam bentuk air seni. Proses ini terjadi terus menerus.

Pemeriksaan menggunakan USG bisa Sahabat Hawa lakukan untuk deteksi dini adanya kelainan refleks menelan pada bayi dalam kandungan.

3. Mencicipi makan malam Kamu

Rasa bawang, pedas manis, jahe dan makanan manis diketahui dapat mengubah rasa air ketuban. Para periset percaya, ini adalah cara alam membiasakan bayi dalam kandungan terhadap berbagai macam rasa.

Di akhir usia 15 minggu bayi akan menunjukkan ketertarikannya pada rasa manis. Ia akan menelan banyak cairan ketuban jika rasanya manis, dan lebih sedikit jika rasanya pahit.

4. Tersenyum

Di masa awal menjadi ibu, Shabat Hawa cobalah membuat bayi tersenyum dengan berbagai cara. Kesibukan mengganti popok, menyusui, dan begadang tiap malam akan terbayar saat kamu melihat bayi tersenyum.

Mungkin Sahabat Hawa mengira senyum bayi adalah cara si kecil menghibur kamu. Cukup menyentuh bukan? Namun kenyataannya sedikit berbeda.

Bayi sudah bisa tersenyum sejak ia masih dalam kandungan. Dengan menggunakan USG 4 dimensi para sonografer menemukan bahwa bayi dalam kandungan sudah bisa tersenyum saat usianya mencapai 26 minggu.

5. Cegukan

Bayi dalam kandungan bisa cegukan sejak trimester pertama. Sahabat Hawa mungkin tidak bisa merasakannya sampai usia kehamilan yang ke sekian.

Beberapa ibu hamil mungkin tidak merasakannya sama sekali. Namun ada juga ibu hamil yang merasakan bayi cegukan pada kehamilan babak  kedua.

6. Bernafas

Tali pusar menghantarkan oksigen yang dibutuhkan bayi dalam kandungan. Bayi Anda mulai berlatih cara bernafas, sebuah skill yang harus dimilikinya saat ia lahir nanti. Ia melakukan ini di usia 9 minggu dan terus berusaha menyempurnakannya.

Nafas pertama bayi kamu nantinya akan dipicu oleh perubahan suhu dan lingkungan saat ia keluar dari perut ibunda dan hadir di dunia.

7. Menangis

Bayi dalam kandungan juga bisa menangis loh Sahabat Hawa, Ia menangis tanpa suara, dan siapa tahu saat ini si kecil di perut Anda sedang menangis.

Para ahli dapat mendeteksi perilaku ini menggunakan USG. Saat janin menangis, bibir bawahnya tampak bergetar. Menangis adalah cara berkomunikasi yang penting bagi bayi baru lahir. Ia harus berlatih melakukannya dengan sempurna sebelum dilahirkan ke dunia.

8. Belajar mengenal Ibu

Sejak usia kehamilan 10 minggu, bayi dalam kandungan telah bisa mendengar suara ibunya. Ia memang belum mengerti apa yangkamu katakan. Namun si kecil mendengarkan dengan seksama cara Anda berbicara. Ia berusaha mengingat suara Anda, mungkin tak sabar menanti hari H dan melihat wajah ibunya.

Sahabat Hawa, pemaparan di atas bisa menjadi panduan bagi kita, bahwa menjaga kesehatan janin tidak cukup hanya dengan makan makanan bergizi selama hamil.

Para ibu hamil juga sebaiknya menjaga kesehatan psikis dan mengelola suasana hati dengan baik. Ini perlu Sahabat Hawa lakukan karena si kecil dalam perut bisa merasakan kesedihan dan kegembiraan Anda.

Semoga ulasan di atas membuat Sahabat Hawa semakin sayang pada bayi dalam kandungan ya Sahabat Hawa. Silahkan sharing di kolom komentar ya

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

ads 6 alt1.jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: