Saat Sulit Punya Anak, Pilih Inseminasi Ataukah Bayi Tabung?

Scroll down to content
Screenshot_28.png
Inseminasi dan bayi tabung masih menjadi program kehamilan andalan bagi pasangan yang tidak kunjung memiliki keturunan. Keduanya memiliki prosedur dan tingkat keberhasilannya masing-masing. Lantas, apa perbedaan inseminasi dan bayi tabung? Manakah yang sebaiknya Anda jalani bila sulit memiliki keturunan? 
 
Anda baru termasuk dalam kriteria susah hamil bila telah rutin melakukan hubungan seksual sebanyak 2-3 kali seminggu selama setahun, tapi tidak juga berhasil hamil. Bila kriteria tersebut tidak tercapai, wajar jika kehamilan sulit terjadi.
Syarat agar kehamilan bisa terjadi adalah adanya penetrasi ke dalam vagina disertai ejakulasi. Serta adanya sel telur untuk dibuahi dan rahim yang sehat.
 
Apa perbedaan inseminasi dan bayi tabung?
 
1. Inseminasi

Proses inseminasi buatan atau inseminasi intrauterin (IUI) adalah pilihan pertama sebelum Anda memilih program bayi tabung. Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan sperma dalam rongga rahim. Ini bertujuan agar sperma bisa bergerak lebih mudah untuk mencari sel telur.

Mengingat prosesnya sederhana dan pembuahan terjadi secara alamiah, peluang keberhasilan inseminasi tidak begitu besar dibandingkan bayi tabung, yakni sebesar 10-15%. IUI harus dilakukan selama 3 bulan berturut-turut. Jika lebih dari itu, maka angka keberhasilannya dapat menurun hingga kurang dari 10%.

2. Bayi tabung

Program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF) dilakukan dengan mengambil sampel sel telur dan sperma, lalu mempertemukan keduanya di laboratorium. Embrio yang terbentuk kemudian dimasukkan ke dalam rahim agar dapat berkembang menjadi janin.

Bayi tabung dipilih bila pasutri tidak memenuhi kriteria untuk IUI atau memang telah memilih metode ini sejak awal. Indikasi yang mengharuskan pasutri untuk memilih IVF misalnya sel sperma terlalu sedikit, saluran telur tersumbat, atau usia wanita telah mencapai 40 tahun ke atas.

Jika tidak subur, apakah solusinya inseminasi dan bayi tabung?

Istilah tidak subur atau mandul sebenarnya nyaris tidak digunakan lagi berkat perkembangan teknologi dalam kesehatan reproduksi. Selama suami masih memiliki sperma dan istri masih memiliki rahim serta sel telur, selalu ada peluang untuk memiliki anak.

Hal terpenting dalam menangani masalah kesuburan sebetulnya bukan dalam programnya sendiri, melainkan pada faktor yang menyebabkan kehamilan sulit terjadi. Penyebabnya bisa berasal dari kualitas sperma yang kurang, sulitnya pasutri untuk berhubungan intim, penyakit pada organ reproduksi, dan sebagainya.

Apakah ada efek samping dari inseminasi dan bayi tabung?

Efek samping inseminasi maupun bayi tabung tidaklah membahayakan. Komplikasi pascaprogram sangatlah jarang, dan biasanya muncul karena pasien sebelumnya memiliki penyakit tertentu.
Pada akhirnya, keputusan untuk memilih hamil alami, inseminasi, dan bayi tabung tergantung pada indikasi kesehatan setiap orang. Anda bahkan tidak harus menjalani program kehamilan intensif jika kondisi yang menyebabkan susah hamil telah teratasi.
Metode apa pun yang Sahabat Hawa pilih, program kehamilan harus dilakukan secara efektif dan efisien. Program kehamilan pasti mahal, karena itu pastikan bahwa biaya yang Sahabat Hawa keluarkan digunakan secara efektif. Kesampingkan konsumsi suplemen ataupun prosedur yang tidak diperlukan agar program kehamilan lebih terjangkau.
Silahkan haring di kolom komentar ya Sahabat Hawa 😉

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Copy of Ads (1)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: