5 Tips Mencapai Berat Badan Ideal Agar Dapat Hamil dengan Aman

Scroll down to content

Screenshot_63.png

Sahabat Hawa apakah kamu tau? Berat badan berlebih menjelang kehamilan dapat meningkatkan resiko sejumlah komplikasi loh, mulai dari tekanan darah tinggi, gangguan fungsi jantung, hingga keguguran. Oleh sebab itu, setiap wanita yang berencana untuk hamil perlu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Tips mencapai berat badan ideal yang aman untuk hamil

Sahabat Hawa yang saat ini tengah hamil kamu bisa mencapai berat badan ideal dengan menjalani gaya hidup sehat, mengatur pola makan serta memantau pertambahan berat badan. Berikut adalah sederet tips yang dapat Sahabat Hawa ikuti:

1. Mulailah sedini mungkin

Bagi sebagian besar wanita, mencapai berat badan ideal untuk mempersiapkan masa hamil bukanlah hal mudah. Terlebih lagi, Kamu tidak dapat memperkirakan kapan akan memasuki trimester pertama. Maka dari itu, Sahabat Hawa harus memulai proses ini sedini mungkin.

Jika kamu memiliki berat badan berlebih, segera perbaiki pola makan dan gaya hidup sejak jauh hari sebelum kamu berencana hamil. Dengan begitu, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan hingga ideal.

2. Berolahraga secara rutin

Jika sedang merencanakan kehamilan, Sahabat Hawa disarakankan melakukan olahraga intensitas sedang selama 30 menit sehari. Lakukan sebanyak 5 hari dalam seminggu, atau setiap hari jika memungkinkan.

Untuk membiasakan diri berolahraga, Anda dapat membagi sesi olahraga dalam sehari menjadi 2-3 kali. Masing-masing sesi memiliki durasi 10-15 menit. Jenis olahraga yang dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal untuk hamil antara lain:

  • Berjalan kaki
  • Jogging di treadmill atau jalur dengan permukaan rata
  • Bersepeda
  • Senam aerobik atau dansa
  • Menaiki tangga

3. Membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori

Selama menantikan kehamilan, mulailah membatasi konsumsi makanan cepat saji, junk food, ataupun makanan yang digoreng. Makanan ini biasanya tinggi kalori dan dapat mempersulit tujuan Anda untuk berat badan ideal agar dapat hamil dengan aman.

Kurangi pula konsumsi minuman manis, seperti minuman bersoda, fruit punch, es teh dengan banyak gula, serta minuman penambah energi. Sebagai gantinya, pilihlah air mineral, jus buah tanpa gula tambahan, atau teh hangat dengan sedikit madu.

4. Mengonsumsi camilan sehat

Camilan Sehat dapat membantu calon ibu hamil menambah berat badan dengan aman. Batasi camilan seperti kue kering, donat, kue tart, permen, keripik, sirup, madu kemasan, serta camilan dengan pemanis tambahan. Pilihlah camilan alami atau rendah kalori seperti buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, atau kue dengan sedikit gula.

5. Memantau kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar untuk mendukung perkembangan janin. Namun, tentu bukan naik yang tidak terkontrol. Besaran kenaikan berat badan tergantung bobot tubuh Anda sebelum hamil. Ibu dengan berat badan normal misalnya, disarankan untuk menambah berat badan sebanyak 11,5-16 kilogram.

Itudia Tips yang Hawa kasih buat kamu yang sedang hamil, Sahabat Hawa kamu tengah hamil di minggu keberapa? Apakah berat badanmu dan bayi yang dikandung sudah ideal? Yuk! sharing di kolom komentar 😉

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

ads-11alt

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: