Fish spa adalah jenis perawatan yang biasa dilakukan untuk kaki, yang dimana Sahabat Hawa akan diminta untuk meletakkan kaki di akuarium yang penuh berisi ikan. 
Jenis ikan yang biasa dipakai adalah Garra rufa, spesies ikan tidak bergigi yang biasa ditemukan di wilayah Timur Tengah. Tujuan digunakannya ikan dalam metode fish spa adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Garra rufa akan memakan sel-sel kulit mati dan sebagai hasilnya, kaki Anda akan terasa halus dan lembut.
 
Manfaat fish spa

Ikan untuk fish spa yaitu Garra rufa, biasa digunakan dalam ichthyotherapy, terapi untuk mengatasi masalah kulit terutama penyakit psoriasis, suatu kondisi permanen yang menyebabkan bagian kulit menebal, merah, dan bersisik.

fish spa diklaim dapat menstimulasi peredaran darah dan memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan bakteri yang terdapat di kaki, dan mengurangi bau kaki. Fish spa juga disebut dapat bekerja pada titik-titik akupuntur yang terdapat di kaki sehingga dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf, merelaksasi tubuh, serta mengurangi kelelahan.

Namun Fish spa dilarang oleh beberapa Negara loh.. tepatnya di Amerika Serikat. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa negara bagian di Amerika Serikat melarang penggunaan perawatan fish spa karena:

  • Akuariumnya tidak dapat dibersihkan secara menyeluruh sebelum digunakan oleh pengguna berikutnya, sehingga memungkinkan terjadinya penularan penyakit tertentu dari satu pengguna ke pengguna selanjutnya.
  • Ikan yang digunakan untuk fish spa juga tidak bisa selalu diganti atau disterilkan, sehingga ikan yang sama akan digunakan terus menerus untuk konsumen yang berbeda.
  • Jenis ikan yang disebut Chinchin terkadang sering salah dianggap ikan untuk fish spa karena bentuknya yang mirip, padahal tidak seperti Garra rufaChinchin memiliki gigi sehingga dapat mengakibatkan perdarahan. Adanya darah dalam akuarium dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit infeksi.
  • Ikan Garra rufa yang digunakan untuk fish spa bisa jadi sengaja dibuat kelaparan terlebih dahulu agar memakan sel kulit mati. Hal ini termasuk kejahatan terhadap hewan.

Bagaimana agar tetap aman saat melakukan fish spa?


  • Sebaiknya hindari fish spa jika Anda baru saja mencukur bulu kaki, karena jika ada luka kecil sekali pun, ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi.
  • Jika Anda menderita diabetes, memiliki sistem imun yang lemah, memiliki penyakit yang menular melalui cairan tubuh (seperti HIV dan hepatitis), atau jika Anda menderita infeksi pada kaki seperti penyakit athlete’s foot, psoriasis, eksim, dan dermatitis, maka sebaiknya Anda menghindari fish spa di tempat publik.
  • Pastikan tempat yang akan Anda kunjungi terjaga kebersihannya dan air di akuarium fish spa selalu diganti secara berkala.
Nah, itu dia manfaat dan bahaya nya jika Sahabat Hawa melakukan Fish Spa. Apakah kamu sudah mencobanya? menurutmu bagaimana?
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

imgpsh_fullsize_anim (7).jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: