5 Posisi Rahim dan Peluangnya Menampung Janin. Cek Deh, Punyamu Normal atau Ada Kelainan

Scroll down to content
Featured Image

Rahim jadi organ reproduksi yang vital bagi kaum hawa sebagai wadah tumbuhnya janin setelah pertemuan sperma dan ovum. Posisinya berada di tengah rongga panggul yakni bertepatan dengan perut bagian bawah. Di bagian depan terdapat kandung kemih dan di belakang rahim terdapat rektum. Bentuknya mirip buah pir yang ukurannya sekepalan tangan. Struktur ototnya sangat kuat sehingga bisa meregang berkali-kali lipat dari ukuran awal sesuai dengan ukuran janin saat hamil.

Sahabat Hawa bisa mengetahui ukuran rahim dengan  mengepalkan tangan masing-masing. 

1. Rahim yang normal berada dalam posisi antefleksi dan anteversi. Mayoritas cewek punya rahim dengan posisi seperti ini

Normalnya, rahim berada dalam posisi antefleksi dan anteversi. Pada posisi antefleksi, fundus atau bagian paling atas dari rahim condong ke depan dan ke arah perut. Jadi posisi mulutnya menengadah ke depan.

Sedangkan posisi anteversi berarti rahim cenderung lebih terdorong ke depan. Cewek yang letak rahimnya seperti kedua jenis di atas punya peluang yang besar untuk hamil karena akan memudahkan perjalanan sperma menuju sel telur.

2. Ada juga yang rahimnya berjenis retroversi dan retrofleksi. Keduanya mengarah ke belakang atau terbalik dari arah yang seharusnya

 

Pada rahim retroversi, letaknya agak condong ke belakang mengarah ke tulang selangkangan namun belum sampai menekuk. Sehingga bagian fundusnya tegak menghadap ke atas. Sedangkan pada rahim retrofleksi, posisi fundusnya sudah berbalik arah sehingga menengadah ke belakang yang juga disebut dengan posisi rahim ‘terbalik’
 
3. Prolapsus uteri atau rahim yang melorot sehingga menonjol ke vagina atau turun peranakan
 
Penyebab kelainan letak rahim ini antara lain karena lemahnya jaringan ikat pada rongga panggul atau dampak dari pertolongan persalinan yang kurang terampil, misalnya sudah disuruh mengejan padahal pembukaan belum lengkap.
 
4. Inversio Uteri atau posisi rahim yang terbalik ke bawah, biasanya terjadi saat proses persalinan yang keliru

Proses persalinan yang keliru disini misalnya tali pusar bayi sudah ditarik ke bawah padahal belum terjadi kontraksi rahim. Akibatnya, terjadi pendarahan dan nyeri yang hebat karena letak rahim jadi terbalik.

5. Ada juga kelainan yang disebut perut gantung atau letak rahim yang menyebabkan rahim semakin menonjol ke depan
Kondisi ini biasanya ditemukan pada wanita yang sering melahirkan sehingga jaringan ikat dan otot-otot perut menjadi kendur. Dampaknya akan terlihat nyata saat hamil, di mana bagian perut terlihat lebih condong ke depan dan yang perlu diwaspadai adalah proses persalinan bisa berlangsung lebih lama dan kontraksi rahim juga kurang bagus.
Sahabat Hawa, pada posisi yang mana?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Copy of Ads (1).jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

 

One Reply to “5 Posisi Rahim dan Peluangnya Menampung Janin. Cek Deh, Punyamu Normal atau Ada Kelainan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: