9 Cara Gampang Belajar Bahasa Korea Sendiri. Nggak Perlu Ikut Les

Scroll down to content
Hi Sahabat Hawa! ^^
Penasaran kan gimana caranya belajar bahasa korea fasih seperti dalam Drama drama series?
jeonju-travel-7-2
bagi kamu pecinta Drama Korea dan KPOP tentu suatu miliki kebanggaan sendiri jika kamu bisa menggunakan Bahasa Korea.
Negeri Ginseng ini dalam sekejap jadi tujuan banyak anak muda. Barangkali kamu pun bercita-cita untuk berlibur atau bahkan belajar di Korea Selatan. Karena itulah banyak orang yang nggak segan untuk mempelajari bahasanya.

Tapi belajar Hanguego alias bahasa Korea memang nggak mudah. Saking sulitnya, nggak sedikit yang putus belajar di tengah jalan. Tapi jangan menyerah! Meskipun bahasa Korea bukan yang paling gampang dipelajari, setidaknya 9 cara fun ini bisa membantumu!

1. Awali dengan pengucapan salam dan sapaan yang benar. Annyeonghaseyo adalah kata yang sering banget diucapkan sama orang Korea asli

Bungkukkan badan 90 derajat sambil AnnyeonghaseyoSaat mempelajari bahasa apa pun, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kata sapaan. Seperti bahasa Inggris yang menggunakan “hi” dan “hello” dalam setiap sapaan, bahasa Korea juga ada, yaitu “annyeonghaseyo”. Kata ini mutlak untuk kamu hafal. Kamu bisa menyapa siapa saja dengan kata ini. Katakanlah pada ayah, ibu, adik, kaka, teman, guru, dosen, atau bapak rektor kamu sambil membungkukkan badan 90 derajat.

Kalau kamu ingin menyapa dengan nada santai, bisa pakai “annyeong” saja . Tapi, ini cuma bisa dipakai untuk menyapa teman atau orang yang lebih muda, ya. Kata ini bisa kamu ucapkan kapanpun tanpa harus bingung waktu pagi, siang, atau malam.

“Annyeonghigaseyo” adalah kata yang diucapkan ketika berpisah dengan seseorang, memiliki arti yang sama seperti “good bye”. Cukup mudah dipelajari, kan?

2. Kuasai bahasa kasualnya dulu, baru beralih mempelajari bahasa yang lebih formal


Mempelajari bahasa yang formal memang menuntut kemampuan lebih. Maka dari itu, baiknya kamu mulai menghapal kosakata yang kasual aja. Karena kita nggak perlu pake imbuhan-imbuhan seperti -imnida, -seyo, dan lain-lain. Maka dari itu, bahasa sehari-hari mudah untuk dipelajari bagi pemula seperti kamu.

Contoh: kamu bilang satu kata “baegopa” yang punya arti “lapar”, orang Korea akan tahu kalau kamu lagi butuh asupan nasi untuk tubuhmu.

3. Sering-sering lihat drama dan film Korea akan menambah banyak kosakata juga, lho

Buat kamu yang nggak pernah ketinggalan nonton drama Korea, itu adalah keuntungan buatmu. Walaupun masih harus nonton dengan bantuan subtitle, secara nggak sadar kamu akan mengingat kosakata yang sering banget dipakai buat percakapan.

4. Mau belajar hangul? Coba hafalkan huruf vokalnya dulu yang jumlahnya sedikit, baru ke huruf konsonan

Hangul adalah sebutan untuk aksara atau abjad Korea. Sekilas memang tampak sama seperti huruf Mandarin dan Jepang. Tapi, kalau kamu lihat dengan seksama, kamu akan tahu perbedaannya. Yap, hangul terlihat lebih rapi dengan garis-garis lurus.

5. Latih skill membaca dan menulis hangul-mu setiap hari. Pokoknya sering diasah biar nggak mudah lupa

Pusing juga ya bacanya.Setelah kamu sudah bisa menghafal macam hurufnya, jangan lupa latihan menulis Hangul. Memang harus telaten ya, karena saat mempelajari bahasa baru, kita akan kembali menjadi bayi yang harus belajar mulai dari awal.

Coba kamu tulis namamu dalam Hangul. Hayo bisa nggak?

6. Grammar bahasa Korea memang agak ribet. Tapi kamu bisa cari materinya dari internet, Guys

Sering-sering browsing materi.Kamu bisa browsing materi-materi grammar untuk pemula yang bisa membantumu. Banyak juga lho orang baik yang berbagi ilmu dengan siapa saja di internet. Kamu pasti bisa. Hwaiting!

7. Sering-seringlah dateng ke acara budaya Korea yang diadakan di kotamu. Banyak pelajaran baru yang akan kamu dapat

Semakin populernya budaya Korea Selatan di Indonesia, berjalan beriringan dengan bertambahnya orang-orang yang memiliki kesamaan di hal tersebut. Kalau kamu mau cari, pasti ada event yang bertema budaya Korea Selatan yang diadakan di kotamu. 

8. Punya temen yang jago bahasa Korea? Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mengasah conversation-mu

Belajar bersama eonni cantik.

Seperti mempelajari bahasa-bahasa lainnya, kamu nggak boleh malu buat mempraktikkan ilmu yang kamu punya. Selain untuk mengasah kemampuan conversation dan nyali, kosakata yang kamu pelajari nggak akan sia-sia. Ada temen yang bahasa Koreanya lebih jago dari kamu? Jangan segan buat ajak dia ngobrol pakai bahasa Korea. Dibilang orang aneh dan sok? Jangan dipedulikan ya Sahabat Hawa. Komentar mereka hanyalah ujian kecil untuk mengetes seberapa niatnya kamu untuk terus belajar.

9. Cari bule Korea yang lagi liburan di kotamu, lalu ajak ngobrol. Barangkali kamu nanti diboyong ke sana

Kalau kamu sedang tinggal di kota besar dan lagi punya banyak waktu luang, sering-seringlah nongkrong di tempat yang menjadi ikon terkenal di sana.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

 

imgpsh_fullsize_anim (10).jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: