7 Cara Membersihkan Perhiasan Emas agar Kembali Berkilau

Scroll down to content
Sahabat Hawa, apakah kamu suka mengoleksi perhiasan yang terbuat dari emas?? emas memang benda cantik, berkilau mewah dan indah. dan emas sering dianggap tabungan karena harga jual belinya yang stabil. Sayangnya seperti perhiasan lainnya, emas tidak luput dari kotoran dan kusam.
Screenshot_2.png
 
Ketika lama disimpan atau pun sering dipakai, warna dan kilau emas dapat memudar. Apa yang biasa Sahabat Hawa lakukan kalau perhiasan emas mu sudah tidak berkilau lagi? hmm.. apakah Menjualnya lalu membeli yang baru? Tidak perlu! Sahabat Hawa bisa membersihkan perhiasan emas sendiri, kok. Berikut adalah cara membersihkan perhiasan emas yang telah Hawa kumpulkan buat  kamu simak yaa
 
7 Cara Membersihkan Perhiasan Emas

1. Pasta Gigi 
 

pasta gigi merupakan zat abrasif ringan yang dapat mengangkat kotoran dari emas.

Cara membersihkan perhiasan emas menggunakan pasta gigi adalah dengan mencampurkan 2.5 cm pasta gigi dengan air secukupnya. Penggunaan air di sini berguna untuk membuat pasta gigi jadi tidak terlalu kental, tapi jangan sampai jadi encer juga.
 
2. Sabun Cuci Piring 
 

Sabun cuci piring mengandung Surfaktan (molekul yang dapat menyatukan minyak dan air).

Cara membersihkan emas menggunakan sabun cuci piring adalah dengan menyiapkan mangkuk berisi air hangat. Tuangkan sedikit sabun cuci piring dan aduk dengan jari kamu . Setelah itu, taruh perhiasan kamu dalam larutan tersebut dan diamkan selama 15 menit. Proses ini akan mengangkat akumulasi debu, noda, dan kotoran yang terselip pada perhiasan.
 
3. Sampo
 

Ternyata selain sabun cuci piring, kamu  bisa memanfaatkan sampo untuk cara membersihkan perhiasan emas. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 sdm sampo, 1 gelas air hangat, dan 1 sikat lembut. Caranya, tuang sampo ke dalam gelas berisi air hangat, aduk. Rendam emas selama 20 menit, lalu sikat perlahan-lahan.

 
4.  Alkohol
 
Celupkan perhiasan ke dalam alkohol, rendam sebentar lalu sikat. Atau, jika perhiasan Anda terdapat aksesoris yang ditempel, sebaiknya jangan mencelupkannya pada alkohol, tapi bersihkan menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan pada alkohol saja.
 
5.  Air Mendidih 
 
Cara ini hanya dapat dilakukan untuk perhiasan yang seluruhnya dibuat dari emas tanpa tambahan aksesoris apa pun lagi. Cara ini juga dapat berlaku jika perhiasan kamu ditempeli batu permata keras seperti berlian. Caranya, tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk. Lalu, rendam perhiasan yang ingin dibersihkan. Kemudian, diamkan saja hingga airnya mendingin.
 
6. Pinset 
 
Selain alkohol, jika ada noda membandel terselip di sela-sela perhiasan, kamu bisa menggunakan pinset. Jika tidak ada pinset, kamu bisa menggunakan benda tajam dan tipis lainnya.
 
7. Keringkan 
 
Proses pengeringan wajib dilakukan setelah perhiasan emas terkena air. Sahabat Hawa juga bisa menggunakan lap atau kain yang seratnya lembut. Untuk dapat kering sempurna, biarkan emas di tempat terbuka sebelum dikembalikan ke kotak perhiasan.
 
Itulah berbagai cara membersihkan perhiasan emas ya Sahabat Hawa. Cara di atas dapat digunakan untuk emas kuning, emas putih, emas imitasi, dan semua jenis emas lainnya. kamu  bisa juga membersihkan emas dengan menuangkan bir pada kain lalu mengelapkannya pada emas.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

 

imgpsh_fullsize_anim (7)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: