5 Cara Menghadapi Pelaku Pelecehan Seksual

Scroll down to content

068129800_1538825965-002716100_1426131106-1842092shutterstock-175158260780x390__1_.jpg

Di Zaman sekarang banyak sekali tindak pelaku pelecehan seksual kepada kaum wanita, Sahabat Hawa harus mengantisipasi kejadian ini agar tidak menjadi korban pelecehan ya. Entah berada di kendaraan umum, jalanan sepi, atau tempat yang ramai sekalipun. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi.


Berikut adalah beberapa tips yang dapat Sahabat Hawa lakukan untuk menghadapinya:

1. Menolak semua permintaan yang tidak biasa

Pelaku pelecehan seksual kerap menggunakan trik yang disebut door in the face. Caranya, pelaku meminta hal yang lebih besar dahulu dengan harapan korban akan menolaknya. Contohnya, pergi berduaan atau berhubungan seksual.

2. Melawan intimidasi dari pelaku

Pelaku pelecehan seksual menggunakan trik ini untuk menekan kondisi emosional korban agar ia menurut. Intimidasi bisa muncul dalam berbagai bentuk, misalnya saja amarah, melakukan kekerasan, atau bahkan mengancam mengakhiri hubungan jika pelakunya adalah pasangan Anda sendiri.

3. Membekali diri dengan pendidikan seksual

Trik lain yang digunakan oleh pelaku pelecehan seksual adalah meyakinkan korban bahwa perbuatannya wajar. Saat korban melawan, mereka akan melontarkan jawaban seperti, “Ah, sama yang lain begini juga nggak masalah!”

Hal ini amat berbahaya, terutama jika korban tidak memiliki pendidikan seksual yang kuat. Orang-orang yang terjebak dalam situasi ini akan terus memaklumi perbuatan pelaku tanpa menyadari bahwa dirinya adalah korban pelecehan seksual.

4. Menghindari tempat atau kondisi yang berbahaya

Pelaku pelecehan seksual melakukan trik ini dengan berpura-pura terlihat baik, ingin menolong, atau membutuhkan bantuan sehingga korban mau mengikuti mereka. Begitu berada di wilayah kekuasaannya, barulah pelaku melancarkan aksinya.

5. Menolak segala bentuk iming-iming dari pelaku

Banyak kasus pelecehan seksual berawal dari iming-iming. Pelaku pelecehan seksual sering menggunakan trik ini dan menjadikannya pembelaan saat terbukti bersalah. Mereka membela diri dengan alasan tidak pernah mengancam korban.

Iming-iming yang diberikan dapat berupa uang, jabatan, atau hubungan. Korban hanya bisa berharap pelecehan akan berakhir begitu ia memperoleh apa yang dijanjikan pelaku. Sayangnya, pelaku biasanya malah bertindak lebih jauh lagi.

Semog tips diatas bermanfaat ya! 

Yuk sharing bagi Sahabat Hawa yang hampir mengalami korban pelecehan seksual Apa cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghindari pelaku pelecehan seksual?

Yuk! Download aplikasi Hawa di App Store atau Playstore kamu sekarang juga! 😉

imgpsh_fullsize_anim (10)

Hawa Sahabat Terbaik Wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: