Jangan Dibiarkan! Ini 5 Tanda Keuangan Keluarga Semakin Tidak Sehat

Scroll down to content

Saat sudah berkeluarga dan memiliki anak, tak jarang butuh usaha lebih untuk menjaga kondisi keuangan keluarga agar lebih baik. Bahkan beberapa keluarga berpendapat kalau mengatur keuangan menjadi hal yang penting agar terhindar dari berbagai dampak buruk di masa depan. 

Selain memikirkan seberapa besar gaji yang didapat selama satu bulan, pengolahan keuangan keluarga pun harus diperhatikan dengan baik. 

Perhatikan tanda-tandanya agar kondisi keuangan ini tidak berdampak buruk ke keluarga ya, Sahabat Hawa!

1. Tidak memiliki investasi dan proteksi keuangan sama sekali

1. Tidak memiliki investasi proteksi keuangan sama sekali

Sebelum kondisi ini semakin parah, maka perlu sekali untuk mulai belajar mengenai investasi dan proteksi. Sahabat Hawa harus mengetahui kalau investasi berbeda sekali dengan menabung karena akan terjadi perputaran uang yang lebih dinamis dari sebelumnya. 

Proteksi keuangan seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan atau jenis lainnya bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk dimiliki.

2. Tidak bisa menerapkan pola hidup sehat secara finansial keluarga

2. Tidak bisa menerapkan pola hidup sehat secara finansial keluarga

Hidup hemat bukan mengartikan kalau Sahabat Hawa termasuk seseorang yang pelit, namun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. 

Buatlah rencana masa depan yang jelas bersama pasangan mulai dari biaya sekolah anak, asuransi hingga keinginan untuk membeli rumah atau transportasi keluarga. 

3. Terlalu mementingkan gaya hidup dibandingkan kebutuhan

Dalam mengatasi permasalahan finansial sebelum kondisinya semakin parah, sebaiknya perlu sekali mengatur pengeluaran dan gaya hidup agar tidak besar pasak daripada tiang. Pastikan kalau pendapatan yang setiapnya didapat tidak hanya semata-mata digunakan hanya untuk keperluan gaya hidup tetapi lebih kepada kebutuhan pokok.  

4. Tidak bebas hutang konsumtif

4. Tidak bebas hutang konsumtif

Sahabat Hawa, hutang konsumtif seperti kartu kredit yang tidak dilunasi dengan baik hanya akan membuat keuangan keluarga semakin tidak sehat. Sebelum finansial menjadi berantakan, maka ada baiknya dilunasi terlebih dahulu dan mulai untuk berinvestasi. 

Usai terbebas dari hutang konsumtif yang selalu menghambat finansial keluarga, lalu mulailah perbaiki agar tidak lagi terjerumus di dalam lubang hutang yang nantinya berdampak buruk pada kehidupan keluarga. 

5. Tak memiliki dana pensiun

5. Tak memiliki dana pensiun

Perlu diingat kalau dana pensiun bukan untuk mereka yang bekerja sebagai abdi negara, melainkan bagi siapa saja termasuk wiraswasta. 

Dana pensiun menjadi salah satu poin alaternatif yang diperlukan untuk memenuhi berbagai macam keperluan anak dan keluarga. Perlu Sahabat Hawa ingat kalau ini sebagai tabungan yang dikhususkan untuk usia tua dan tidak boleh diambil hingga usia tua nanti. 

Nah itu dia 5 Cara mengatur keuangan dalam keluarga, Sahabat Hawa sebagai manager keuangan dalam rumah tangga harus cerdas mengelola uang dari suami.

di nomor berapa saja yang sudah kamu atasi selama ini?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

 

imgpsh_fullsize_anim (7)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: