Orang Dewasa Sering Mengompol, Gangguan Psikologi?

Scroll down to content
Mengompol selalu identik dengan anak-anak. Karena terkadang mereka belum mampu mengartikan keinginan untuk buang air kecil. Namun kondisi ini terkadang terjadi kepada orang dewasa juga looh Sahabat Hawa.. Hayoo kamu pernah ngompol tanpa sadar gak niih??
 
 
Kondisi ini bisa terjadi pada orang dewasa yang disebut inkontinensia urine. Kelainan ini Terjadi karena seseorang tidak mampu menahan keinginan untuk buang air kecil alias kehilangan kendali atas kandung kemih, sehingga pengidap harus menggunakan popok untuk mencegah urine keluar terus-menerus.
 
Lalu apakah hal ini berpengaruh pada kesehatan psikologi? yuk simak bareng hawa ya..
 
Inkontinensia Urine Tidak Selalu karena Masalah Psikologi
 
Gangguan kecemasan atau stres berlebihan bisa memicu terjadinya banyak reaksi. Gugup berkeringat dingin, mual hingga menjadi tidak bisa menahan buang air kecil atau mengompol menjadi beberapa dampak yang biasa terjadi ketika seseorang merasa terancam atau ketakutan. Namun, tidak mampu menahan buang air kecil dalam kasus inkontinensia urine tidak selalu terjadi karena masalah psikologi.
 
 
Ada penyebab lain seseorang mengalami inkontinensia urine dan tidak adanya dengan gangguan psikologi, penyebab ini termasuk:
 
1. Terjadi tekanan pada area perut dipicu karena berbagai aktivitas yang terbilang ringan, seperti bersin, olahraga, batuk dan mengangkat barang berat.
2. Konsumsi kafein,  alkohol, merokok dan faktor usia membuat urine terus keluar tanpa dapat ditahan.
3. Kandung kemih yang selalu terasa penuh, Sehingga urine akan menetes. Pada wanita, kondisi ini sering terjadi setelah masa menopause.
 
Gejala dan Pengobatan Inkontinensia Urine
 
Pada kasus yang ringan gejala utama dari inkontinensia urine adalah menetesnya urine ketika Sahabat Hawa sedang betuk, berjalan dan bersin. Pada kasus yang parah kamu juga harus menggunakan popok menghindari keluarnya urine yang tak bisa dikendalikan. Tak lupa konsultasikan ke dokter karena bisa menghambat aktifitasmu sehari-harinya.
 
Apakah Sahabat Hawa pernah mengalami hal ini? Sharing di kolom komentar yuk
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

imgpsh_fullsize_anim (7)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: