Bisakah Perempuan Mengalami Menstruasi Saat Sedang Hamil?

Scroll down to content

bengkak-saat-hamil-26434d7bd0c84f72d2f6a826aa3fa83d.jpg

Orang yang sedang dalam masa program kehamilan tentu umumnya mencatat kapan terakhir kali ia menstruasi dan berapa lama waktu periodenya. Jika sudah waktunya menstruasi tapi tidak kunjung datang maka ini bisa jadi tanda utama kalau Sahabat Hawa sudah mulai hamil.

Namun, kadang-kadang ada juga perempuan yang mengaku mendapatkan menstruasi saat sedang hamil. Bagaimana bisa terjadi? Apa ya penyebab ibu hamil menstruasi selama menjalani kehamilannya?

1. Apa itu menstruasi?

1. Apa itu menstruasi

Menstruasi adalah mengacu pada pendarahan normal pada awal siklus menstruasi yang terjadi pada seorang perempuan setiap bulannya. Tubuh perempuan mengeluarkan telur saat ovulasi, lapisan endometrium dari rahim menebal untuk mendukung kehamilan yang mungkin terjadi.

Jika sel telur tidak dibuahi dan tidak ditanamkan ke dalam endometrium selama rentang waktu masa subur, maka kamu tidak akan hamil dan endometrium akan pecah lalu mengeluarkan darah yang disebut dengan masa menstruasi.

2. Bisakah Sahabat Hawa menstruasi saat hamil?

2. Bisakah kamu menstruasi saat hamil

Singkatnya, tidak.

Jika Sahabat Hawa memiliki periode menstruasi yang normal, itu adalah tanda bahwa endometrium telah putus dan menghilang, sehingga kemungkinan kamu hamil adalah nol.

Jika Sahabat Hawa mengalami pendarahan seperti menstruasi selama kehamilan, maka ini adalah pendarahan yang tidak teratur, dan itu perlu diperiksa.

3. Penyebab pendarahan selama kehamilan

3. Penyebab pendarahan selama kehamilan

Perdarahan selama kehamilan bukanlah suatu menstruasi. Namun, pendarahan terkadang bisa terjadi selama kehamilan.

Ada sejumlah kemungkinan yang bisa menjadi penyebab pendarahan saat hamil dan tentu namanya bukan menstruasi. Perlu kamu ingat, sedikit bercak darah pada awal kehamilan sangat umum terjadi.

Perdarahan bisa tidak berbahaya, tetapi berhati-hatilah karena bisa jadi itu juga dapat dikaitkan dengan masalah yang lebih serius seperti keguguran, jadi penting untuk mencari tahu penyebabnya.

4. Pendarahan saat implantasi

4. Pendarahan saat implantasi

Ketika dibuahi menempel ke endometrium, itu dapat menyebabkan sedikit pendarahan. Jumlah perdarahan (jika ada) bervariasi dari orang ke orang, tetapi umumnya tidak seberat periode menstruasi dan cenderung berhenti setelah 2 hari.

Berbeda dengan darah merah yang cerah dari aliran menstruasi, pendarahan implantasi (atau bercak) umumnya  cenderung merah jambu ke merah kecoklatan.

Itulah fakta tentang pendarahan saat hamil.

Tapi ada pendarahan yang perlu diwaspadai dan diperiksakan ke dokter kandungan segera karena ditakutkan itu menjadi tanda-tanda keguguran.

Apakah Sahabat Hawa pernah mengalaminya?

Sumber Popmama

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Screenshot_17

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: