7 Cara Ungkep Ayam Agar Bumbunya Meresap Sempurna. Nggak Kalah sama Penyetan Rasanya

Scroll down to content
Yup, salah satu kunci kelezatan ayam goreng ialah pada proses ungkepnya. Teknik memasak menggunakan api kecil inilah yang membuat bumbunya meresap hingga ke tulang. Ini juga yang jadi salah satu kunci kenapa ayam goreng di warung Lamongan atau penyetan selalu enak dan lezat. Duh Sahabat Hawa, membayangkannya saja sudah bikin ngiler, ya!
hipwee-ungkep-ayam-640x360
 

Tapi, belum tentu semua ayam yang diungkep akan mencapai hasil sempurna saat digoreng. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar ayam ungkepmu matang sempurna dengan enaknya maksimal. Jadi begini…

1. Gunakan ayam yang sudah dipotong-potong agar bumbu cepat meresap

Jika ayam utuh langsung diungkep, bumbunya akan sulit meresap hingga ke bagian dalam. Nggak cuma kurang meresap bumbunya, ayam utuh pun juga membutuhkan waktu masak yang lebih lama.

2. Kamu juga perlu membuat bumbu ungkep yang halus agar bisa meresap ke pori-pori ayam

Kalau ayamnya sedikit, kamu bisa mengulek bumbunya saja. Bumbu ulek banyak disukai karena dipercaya memberi rasa dan aroma khas pada makanan. Kalau ingin bumbunya terasa krenyes-krenyes dan tampil cantik, kamu menghaluskan bumbunya dengan chopper. Alat ini bisa menghaluskan bumbu hingga jadi potongan kecil-kecil tapi tidak sampai sehancur blender.

3. Untuk hasil sempurna, gunakan teknik masak slow cooking atau dengan api kecil

 


Teknik slow cooking memang memakan waktu lama, tapi ini bisa membuat bumbu ayam meresap dan matang sempurna. Kalau pakai api besar, bisa-bisa ada bagian dalam yang belum matang loh!
 
4. Perhatikan jumlah air supaya bumbunya nggak jadi hambar
 

 

Penggunaan air tergantung seberapa banyak dan jenis ayam yang akan diungkep. Untuk ayam kampung, gunakan air lebih banyak dibanding ayam negeri. Sebab, ayam kampung butuh waktu lebih lama untuk menjadi empuk karena dagingnya yang lebih ‘alot’, dibandingkan ayam negeri.

5. Baiknya, masak dulu bumbu dengan air sebelum dimasukkan ayam

 


Biasanya saat direbus, aroma bumbu pun sudah bisa membangkitkan selera. Saat merebus air dan bumbu, kamu bisa menggunakan api besar. Tapi, jika ayam sudah dimasukkan, baiknya kecilkan lagi apinya.

6. Kamu juga perlu menutup panci agar ayam terasa lebih nikmat

 

Menutup panci akan membuat uap air yang hilang saat dimasak. Nah, dengan ini bumbu pun nggak akan hilang bersama udara. Selain itu, menutup panci juga akan membuat daging lebih cepat empuk karena suhu di dalam panci stabil dan lebih cepat panas.

Menutup panci akan membuat uap air yang hilang saat dimasak. Nah, dengan ini bumbu pun nggak akan hilang bersama udara. Selain itu, menutup panci juga akan membuat daging lebih cepat empuk karena suhu di dalam panci stabil dan lebih cepat panas.

7. Cek selalu durasi pengungkepan supaya daging ayam nggak terlalu mentah atau terlalu matang

Idealnya, mengungkep ayam membutuhkan waktu 30-45 menit. Jika sudah matang, kamu bisa melihatnya dari kulit ayam yang mengerut atau bisa juga dilihat dari kuah yang mulai mengental atau bahkan mengering.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan pancinya. Pilihlah panci yang nggak terlalu besar atau kecil supaya ayam matang sempurna. 

Nah, gimana Sahabat Hawa, siap bikin ayam goreng yang bumbunya meresap dong sekarang? Apakah kamu menggunakan metode yang sama seperti diatas?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Screenshot_17

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: