Waspada! Makanan Ini Berbahaya untuk Bayi di Bawah Satu Tahun

Scroll down to content

makanan8-2937e7206eefacd72655b5bdf6610702.jpg

Sahabat Hawa sudah tahu belum? tentang beberapa larangan tentang makanan dan minuman untuk bayi di bawah usia 1 tahun? Kita ulas bareng Hawa yuk!

Meskipun diperbolehkan makan, bukan berarti si Kecil bisa makan dan minum semuanya ya. Bahkan yang seharusnya punya nutrisi untuk tubuh belum tentu diperbolehkan dikonsumsi bayi karena pencernaannya belum terlalu siap. 

Untuk Sahabat Hawa yang penasaran makanan dan minuman apa saja yang dilarang untuk bayi di bawah usia 12 bulan, yuk kita simak.

1. Sayuran mentah dan keras

Namanya juga usianya masih di bawah satu tahun pasti belum tumbuh gigi ya.

Berhubung si Kecil memang belum memiliki gigi layaknya orang dewasa, Sahabat Hawa seharusnya tidak memberikan sayuran mentah ya karena ia belum bisa untuk mengunyah dengan baik. 

2. Makanan laut alias seafood

Siapa sih yang tidak suka dengan aneka jenis makanan laut? Semua orang dewasa pasti menyukai makanan laut karena memang jenisnya cukup banyak. Mulai dari ikan, kerang, cumi-cumi hingga kepiting.

Orang dewasa memang diperbolehkan mengonsumsi banyak makanan laut, namun tidak untuk si Kecil nih.

Jika si Kecil mengonsumsi makanan laut, ini akan memicu dirinya merasakan alergi. Kandungan merkuri yang tinggi di dalam beberapa jenis ikan akan sangat berbahaya jika diberikan ke bayi yang masih berusia di bawah satu tahun. 

3. Madu 

3. Madu 

Terkadang madu memang dijadikan pilihan sebagai pengganti gula, ditambah rasa manisnya alami. Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat, namun tidak dianjurkan untuk usia si Kecil yang masih di bawah satu tahun. 

4. Makanan mentah

4. Makanan mentah

Beberapa makanan mentah yang harus Sahabat Hawa hindari seperti daging, seafood, telur atau segala sesuatu yang mentah.

Jika si Kecil memakan sesuatu yang mentah, ini akan memicu paparan bakteri salmonella yang terkandung pada bahan makanan yang masih mentah. Perlu Sahabat Hawa ketahui yaa, bakteri salmonella bisa meningkatkan risiko mengalami infeksi pada lambung dan usus. Infeksi yang satu ini dikenal dengan nama gastoenteritis.

Untuk gejala dari gastoenteritis, si Kecil akan mengalami mual, kram pada bagian perut, diare, demam, sakit kepala hingga terjadi pendarahan pada feses. 

5. Selai kacang 

5. Selai kacang 

Makanan yang satu ini juga perlu dihindari untuk si Kecil yang masih di bawah satu tahun ya, Sahabat Hawa. 

Selai kacang itu memiliki tekstur yang tebal dan lengket, sehingga membuat Si Kecil merasa kesulitan dalam menelannya. Kandungan selai kacang yang kaya akan protein, serat dan potasium juga bisa menyebabkan plak pada gigi si Kecil lho. 

Selain itu, pemberian selai kacang bisa menyebabkan gigi si Kecil bolong. 

6. Jus Buah

6. Jus Buah

Jus buah memang menyegarkan ya, apalagi kalau baru dikeluarkan dari lemari es. Belum lagi buah juga menjadi salah satu sumber nutrisi untuk tubuh. Namun, pemberian jus buah yang sudah dikemas dalam kemasan sangat tidak dianjurkan untuk bayi di bawah satu tahun. 

Jika si kecil terlalu banyak meninum jus buah, bisa beresiko dirinya mengalami mainutrisi dan anemia. Tak hanya itu, tubuh si Kecil yang masih belum menerima jus buah terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit diare,  hingga memicu obesitas. 

7. Buah jeruk

7. Buah jeruk

Sahabat Hawa udah tahu belum? kalau buah jeruk itu memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Dengan kadar yang banyak ini membuat rasa dari buah jeruk ini asam. 

Tingkat keasaman yang ada di dalam buah jeruk itu belum bisa diatasi sistem pencernaan si Kecil. Usianya yang masih di bawah satu tahun seolah belum siap mencerna tingkat keasaman dari buah jeruk. 

Ada baiknya untuk menghindari memberi makanan bayi seperti buah jeruk, jika usia si Kecil masih di bawah satu tahun ya. Jika ingin memberikan jeruk, pilih jeruk baby yang rasanya lebih manis. 

Sahabat Hawa biasanya kamu memberi makanan si kecil menu apa? boleh sharing di kolom komentar yaa

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Copy of Ads (1)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: