Merasakan Tanda Hamil tapi Testpack Negatif, Kenapa Ya?

Scroll down to content
Sahabat Hawa apakah kamu pernah merasakan tanda kehamilan tetapi hasil testpack negatif? atau ada juga beberapa diantaram yang merasakan gejala hamil seperti mual, pusing, payudara nyeri dan sebagainya lalu haid tiba-tiba datang?
v6vqzx9rybgf00iu9rl1.jpg
hmm.. Bisa saja ya Sahabat Hawa. Ini wajar terjadi meski memang dapat membuat perasaanmu tak karuan. Apalagi bila kamu sedang mencoba untuk hamil.
 
Dan memang benar, gejala yang kamu rasakan betul-betul mirip dengan tanda kehamilan. Mulai dari kelelahan, mengidam, bahkan mungkin mual. Apa artinya semua ini? Kenapa tanda-tanda tersebut bisa terjadi?
 
Mengutip lama American Pregnancy Association inilah yang disebut dengan Imaginary Pregnancy Symptoms (IPS) atau gejala kehamilan imajiner. IPS adalah gejala yang dialami wanita yang membuat mereka berpikir bahwa mereka telah hamil.

Meski demikian, jangan berharap kamu akan mendengar dokter menggunakan istilah ini ya Sahabat Hawa. Karena ini bukan istilah medis. Istilah ini diciptakan oleh mereka yang tengah berusaha hamil atau menanti-nanti kehadiran anak untuk merujuk pada “gejala” yang kerap menghantui mereka.
Umumnya, IPS terjadi pada waktu antara masa ovulasi dan jadwal menstruasi kamu. Sebab, pada saat inilah Sahabat Hawa sedang berharap mersakan tanda hamil atau menunggu apakah bulan ini kehamilan yang dinanti-nanti akan terjadi.

dan pada Akhirnya mungkin kamu akan membayangkan beberapa tanda awal kehamilan seperti payudara yang menjadi lebih lembut, kelelahan, perut kembung, emosi lebih sensitif, kram ringan, bahkan mengidam makanan. Keinginananmu untuk hamil begitu besar sehingga Sahabat Hawa yakin bisa merasakannya.
Namun, hal ini tidak ada kaitannya dengan pada kondisi psikologis yang serius. Juga bukan merupakan satu gangguan kejiwaan. ya.. Sahabat Hawa tenang saja.
Menstruasi
Lantas bagaimana mungkin harapan dan emosi dapat berpengaruh atau begitu terasa nyata pada tubuh mu? Jawabannya: karena tubuh wanita optimis dalam hal potensi kehamilan. Begitu ovulasi terjadi, tubuh mulai mempersiapkan kehidupan baru. Ini terjadi bahkan jika pembuahan tidak terjadi.
Sahabat Hawa perlu memahami bahwa salah satu hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga kehamilan awal yang sehat adalah progesteron. Progesteron meningkat setelah ovulasi. Kadar progesteron yang tinggi dapat membuat mu merasa lelah dan emosional. Hormon ini juga bertanggung jawab untuk payudara lunak, sembelit, dan retensi cairan.

Namun jika Sahabat Hawa tidak hamil, kadar progesteron akan turun setelah 12 hingga 16 hari setelah ovulasi. Penurunan inilah yang mendatangkan haid.
Tidak hanya itu, obat kesuburan yang kamu konsumsi juga dapat menimbulkan efek samping berupa gelaja-gejala yang menyerupai tanda hamil. Terutama jika kamu menggunakan obat kesuburan berupa suntikan progesteron atau supositoria.
Ilustrasi Dokter Memeriksa Ibu Hamil
Jadi sebaiknya, cobalah untuk tidak terlalu fokus pada berbagai tanda-tanda kehamilan agar Kamu tidak mudah stres. Ingatkan diri bahwa Sahabat Hawa merasakan tanda hamil atau tidak, itu tetap belum bisa memastikan apa-apa.
Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu hamil adalah menunggu hingga menstruasi Anda terlambat dan memeriksakan diri ke dokter. Karena faktanya, alat uji kehamilan pun bisa saja tidak akurat.

Sahabat Hawa apakah kamu merasakan hal yang sama? yuk ceritakan di kolom komentar

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

Copy of Ads (1)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: