Tidak Menyangka! 7 Makanan Sehat yang Ternyata Bikin Sembelit

Scroll down to content
Sahabat Hawa, Apakah kamu kerap mengalami sembelit, padahal sudah menerapkan pola makan sehat? Konsumsi sayuran pun tak pernah luput, tapi tetap saja sulit untuk buang air besar.
Bisa jadi, makanan sehat yang biasa kamu santap justru malah memperparah gejala sembelitmu, lho. Pasalnya, berbagai makanan ini mengandung komponen kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh. Akibatnya, kita jadi makin sulit untuk buang air besar.
Makanan apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!
1. Brokoli
Ilustrasi brokoli
Meski selama ini dikenal sebagai sayuran yang kaya akan manfaat, namun ternyata brokoli bisa memperparah konstipasi, lho. Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya (misalnya kembang kol, kubis, atau asparagus) mengandung gula kompleks –rafinosa– yang sulit dicerna tubuh.
Sayuran ini juga mengandung serat larut tinggi, yang tidak hancur sampai mencapai usus kecil sehingga menciptakan gas. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi brokoli sementara, hingga pencernaan kita normal kembali.
2. Bawang putih dan bawang bombay
Ilustrasi Bawang Bombay
Bawang putih dan bawang bombay mengandung komponen bernama FODMAP –semacam karbohidrat rantai pendek yang tidak terserap dengan baik di usus kecil. Bila dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, jenis karbohidrat ini bisa menyebabkan sejumlah masalah usus; seperti kembung, sakit perut, hingga sembelit bagi sebagian orang.
3. Kale
KALE
Kale mengandung segudang nutrisi, salah satunya adalah serat. Namun, mengonsumsi serat tinggi justru bisa menimbulkan rasa tak nyaman saat kita tengah mengalami konstipasi.
Sahabat Hawa bisa mengukusnya terlebih dahulu sebelum menyantapnya, supaya lebih mudah diserap tubuh.
4. Kacang-kacangan
Ilustrasi Kacang-kacangan
Menurut ahli gizi dan nutrisionis kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat yang baik, tapi justru bisa berdampak negatif bila dikonsumsi saat sedang sembelit.
Mengonsumsi kacang dalam jumlah banyak akan menambah serat berlebih pada sistem pencernaan. Tak hanya itu, cacahan kacang (yang sudah dikunyah sekalipun) juga bisa melukai beberapa area sistem pencernaan.
5. Kesemek
Perawatan dengan buah kesemek
Buah yang populer di daerah Asia Timur ini bisa menyebabkan beberapa orang jadi sulit buang air besar. Secara umum, kesemek mengandung kadar tanin yang tinggi. Senyawa tersebut diduga mengurangi sekresi dan kontraksi usus, membuat pergerakannya melambat.
6. Jagung
Ilustrasi jagung

Bila tak dikunyah hingga lembut, butiran jagung akan langsung melewati usus tanpa tercerna, menimbulkan rasa sakit pada perut. Hal ini disebabkan, kandungan selulosanya yang merupakan serat tanaman yang tidak larut. Masalahnya, manusia kekurangan enzim yang bisa memecah selulosa dan mencernanya. Oleh karena itu, selalu kunyah jagung dengan baik sebelum menelannya.

7. Pisang
Ilustrasi pisang mentah
Pasti Sahabat Hawa bingung kan? kok pisang termasuk dalam salah satunyaKetika mengalami sembelit, hindari menyantap pisang yang masih mentah. Kalau pisang matang bisa mencegah konstipasi, ia justru bisa berdampak sebaliknya.
Pasalnya, pisang mentah mengandung lebih banyak pati resisten, senyawa yang lebih sulit untuk dicerna tubuh. Pisang mentah, juga mengandung tanin dalam jumlah yang lebih tinggi. Imbasnya, makanan akan jadi lebih lambat saat melewati usus dan menyebabkan sembelit.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

imgpsh_fullsize_anim (7).jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: