Penyebab Alat Tes Kehamilan Menunjukkan Hasil yang Salah

Scroll down to content

Sahabat Hawa, Pernahkah Anda mendengar istilah false positive atau false negative saat menggunakan alat tes kehamilan (test pack) di rumah? Terkadang alat tes kehamilan yang kita gunakan menjadi salah tafsir. Walaupun alat tes kehamilan dengan urin mempunyai keakuratan sebesar 97%, tetapi kesalahan hasil mungkin saja terjadi. Sebenarnya Anda hamil, tetapi alat tes kehamilan menunjukkan bahwa Anda tidak hamil, atau sebaliknya.

Hal-hal seperti itu kadang kita temui, memang menjengkelkan, sehingga alangkah baiknya jika Anda mengetesnya dua kali atau lebih, atau jika perlu ke dokter untuk memastikan hasilnya.

Penyebab hasil positif palsu (false positive)


Ini mungkin jarang terjadi, tetapi bisa saja terjadi pada Anda. Alat tes kehamilan menunjukkan bahwa Anda positif hamil, padahal Anda sebenarnya tidak hamil. Inilah yang dinamakan sebagai false positive.

False positive mungkin saja terjadi pada Anda yang bisa disebabkan oleh:

1. Kehamilan kimia

Sekitar 25% kehamilan berakhir dengan kehamilan kimia atau biasa dikenal sebagai keguguran awal. Hal ini terjadi ketika kehamilan Anda menghilang tidak lama setelah sel telur yang telah dibuahi oleh sperma menempel pada dinding rahim (implantasi).

2. Terlambat melihat hasil

Menggunakan alat tes kehamilan yang tidak sesuai petunjuk juga dapat membuat hasil yang ditunjukkan oleh alat tes kehamilan menjadi salah. Anda harus mengikuti petunjuk pemakaian alat tes kehamilan dengan benar.

3. Ada bahan kimia yang mengganggu

engonsumsi obat kesuburan yang mengandung HCG dapat membuat alat tes kehamilan menunjukkan hasil positif padahal Anda sedang tidak hamil. Tunggulah 14 hari sampai kadar HCG dalam tubuh Anda benar-benar hilang, barulah Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah.

4. Ada garis uap muncul

Beberapa alat tes kehamilan meninggalkan garis uap pada alat karena urin melewati daerah hasil. Garis uap ini biasanya sangat samar dan berwarna keabuan pada daerah hasil di alat tes kehamilan. Beberapa wanita menganggap hasilnya positif karena terdapat garis uap ini, padahal warna garisnya berbeda dari warna garis seharusnya (sesuai petunjuk).
 
Penyebab hasil negatif palsu (false negative)

Berlawanan dengan false positivefalse negative menunjukkan hasil tes kehamilan yang negatif, padahal sebenarnya Anda sedang hamil. Hal ini bisa saja terjadi, yang disebabkan oleh:
 
1. Melakukan tes terlalu dini
 
Sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan satu minggu setelah Anda terlambat datang bulan. Pada saat ini, kadar HCG dalam urin Anda sudah dapat dideteksi oleh alat tes kehamilan.
 
2. Terlalu cepat melihat hasil tes
 
Melihat hasil tes yang terlalu cepat (tidak sesuai petunjuk dalam kemasan) juga dapat menyebabkan Anda salah tafsir. Alat tes kehamilan memerlukan cukup waktu untuk menunjukkan hasilnya pada Anda. Sebaiknya jangan terburu-buru, tunggu sampai hasilnya benar-benar keluar.
 
3. Menggunakan urin yang terlalu cair
 
Jika urin Anda terlalu cair, maka akan menyulitkan alat tes kehamilan untuk mendeteksi kehadiran HCG dalam urin. Sebaiknya gunakan urin pagi Anda untuk hasil tes yang lebih akurat karena urin pagi mempunyai konsentrasi yang paling tinggi.
 
Sahabat Hawa, Bagaimana denganmu?
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

ads 6 alt1.jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: