3 Tahap Proses Melahirkan Normal yang Jarang Kaum Hawa Tahu

Scroll down to content
1f48077beefe1cea0277bf1786bc2972.jpg
Sahabat Hawa pasti disini belum terlalu mengetahui apa saja tahapan melahirkan secara normal bukan? Berikut ini ada informasi penting untuk bunda hawa yang sedang mengandung. Yuk kita pahami 3 tahapan persalinan secara normal.
 
Saat melahirkan normal, calon ibu akan berjuang melewati 3 tahapan. Selama tahap-tahap tersebut berlangsung, otot-otot rahim calon ibu akan terus berkontraksi untuk membuka mulut rahim. Sehingga janin Anda bisa lewat dari panggul sampai keluar rahim. Berikut ini 3 tahapannya ya Sahabat Hawa:
Tahap I: Posisi Janin dalam Mulut Rahim
– Persalinan diawali dengan mulai menipisnya otot-otot leher rahim akibat perubahan hormon
– Kontraksi yang menetap dan makin meningkat intensitasnya akan menipiskan otot-otot leher rahim

– Dengan intensitas kontraksi yang semakin cepat dan kuat, otot-otot leher rahim kain tipis, sehingga melebarkan jalan lahir
– Leher rahim sudah memasuki bukaan 7, terasa panas dan sakit, karena dorongan bayi yang semakin kuat
– Leher rahim yang mati rasa menunjukkan Anda sudah memasuki bukaan 10. Artinya, leher rahim sudah membuka penuh.

Tahap II: Bayi Siap Dilahirkan
– Kepala bayi akan bergerak ke ‘pintu’ vagina, serta menekan dasar rongga panggul. Dengan serangkaian kontraksi, yang dibantu dengan sang ibu gerakan mengejan, kepala bayi akan terus bergerak menuju jalan lahir. Kepala bayi akan maju sedikit demi sedikit pada setiap kontraksi. Masa ini merupakan masa yang paling melelahkan bagi Sahabat Hawa, terlebih bila ini merupakan kali pertama kamu melahirkan. Sebab, kepala bayi terasa sulit melewati rongga panggul.

– Kepala bayi sudah lebih menonjol pada vagina. Itulah sebabnya, pada saat ini Sahabat Hawa harus mengatur napas sesuai dengan kontraksi yang terjadi. Biasanya dokter atau bidan akan memimpin kapan kamu harus menarik napas dan mengejan dengan kuat. Walaupun vagina mu sifatnya lentur saat memberi jalan bagi kepala bayi, biasanya dokter atau bidan akan melakukan episiotomi untuk memudahkan kepala bayi keluar
– Pada akhirnya, kepala bayi berhasil meregangkan vagina beserta jaringan di sekitarnya. Kontraksi berikutnya akan mendorong bayi lebih jauh lagi, sehingga kepalanya berhasil keluar.
– Kepala bayi akan berputar ke satu sisi yang segaris dengan bahunya, sehingga akan memudahkan keluarnya bahu serta bagian tubuh lainnya. Untuk melewati ronggal panggul, kepala bayi mu terlihat agak memanjang. Sekitar 27 jam setelah dilahirkan, kepalanya akan normal kembali. Setelah itu, bagian lain tubuh bayi akan keluar dengan mudah. Hanya dengan dua kontraksi. Lalu, proses persalinan ini dilanjutkan dengan keluarnya plasenta atau ari-ari.
Ilustrasi proses melahirkan bayi
– Untuk mengetahui apakah plasenta sudah benar-benar terlepas dari dinding rahim, perut mu akan ditekan
– Secara perlahan-lahan tali pusat akan ditarik, sehingga plasenta lebih mudah keluar
– Agar plasenta segera keluar, Sahabat Hawa perlu mengejan sekali lagi. Tahap ketiga proses melahirkan ini rata-rata memakan waktu sekitar 6-15 menit.

Nah itu dia gambaran 3 tahap yang pastinya akan kamu lewati saat melakukan persalinan normal, Bunda Hawa sudah memasuki berapa minggu kehamillan?semoga yang belum di beri tiket H, Tuhan memberi Hadiah bahagia di awal tahun 2020.Yuk katakan ”Aamiin” ^^.
Sumber Kumparan.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

ads 6 alt1.jpg

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: