Saluran ASI Tersumbat? Berikut Ini 7 Cara Mengatasinya

Scroll down to content

Sahabat Hawa, sebagian besar ibu menyusui pernah mengalami saluran ASI tersumbat bahkan mastitis. Saluran ASI yang tersumbat biasanya terjadi pada salah satu payudara, namun ada juga ibu menyusui yang mengalami pada kedua payudara sekaligus.

Screenshot_6.png

Apa penyebabnya, sehingga saluran ASI tersumbat? Berikut beberapa penyebabnya:

  • Saluran ASI bisa tersumbat jika saluran susu tidak mengalami pengosongan dengan baik
  • Produksi ASI lebih banyak dibandingkan jumlah ASI yang dihisap oleh bayi
  • Posisi menyusui yang tidak bervariasi
  • Tidak menyusui bayi secara rutin dan teratur
  • Tekanan berlebih pada payudara, misalnya bra yang terlalu ketat, gerakan yang terlalu kuat saat memerah ASI, dan posisi tidur yang tidak benar
  • Stres fisik maupun psikis, kelelahan, dan sistem imun yang lemah

Apa yang harus dilakukan bila ASI tersumbat? Berikut beberapa cara yang harus dilakukan bila ibu menyusui mengalami ASI tersumbat:

1. Kompres dengan air hangat

1. Kompres air hangat

Langkah utama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres payudara yang bengkak dengan air hangat. Akan membantu ASI mengalir. Namun hati-hati air yang digunakan untuk mengompres jangan terlalu panas,  Bisa juga dengan cara mandi dengan air hangat atau berdiri di bawah shower air hangat, biarkan air hangat tersebut mengaliri payudara yang mengalami sumbatan. Selain itu sahabat hawa juga bisa memasukan payudara yang tersumbat, ke suatu wadah yang sudah diisi air hangat. 

2. Pijatan Lembut

2. Pijatan Lembut

Setelah mengompres payudara lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar pada payudara yang mengalami sumbatan baik sebelum dan selama menyusui.

Lakukan gerakan pijatan juga pada bagian yang keras ke arah puting, agar mendorong ASI yang tersumbat. Tipsnya, jangan lupa gunakan massage oil atau baby oil.

3. Terus susui

3. Terus susui

Teruslah menyusui dan persering frekuensinya. Hal ini sangat penting dilakukan agar ASI benar-benar dikosongkan dari payudara, yang akan mengurangi pembengkakan pada payudara.

Usahakan agar posisi dagu bayi saat menyusu mengarah pada bagian yang tersumbat.

Usahakan tubuh mu berada di atas dengan payudara menggantung ke bawah, agar aliran ASI lebih lancar.

4. Perah dan pompa

4. Perah pompa

Perlu diingat bila saluran ASI tersumbat, maka Sahabat hawa harus mengosongkan payudara. Setelah menyusui, perah atau pompa sisa ASI yang masih ada di dalam payudara. Sebaiknya memerah dengan cara manual saja, dilakukan dengan tangan saat aliran ASI tersumbat.

Terkadang bila menggunakan pompa payudara elektrik atau manual, dapat menyebabkan payudara yang bengkak terasa sakit dan kurang nyaman karena daya sedotnya.

5. Pemilihan bra yang tepat

5. Pemilihan bra tepat

Pastikan ibu menyusui menggunakan bra menyusui yang benar-benar sesuai dan cocok dengan ukuran ibu menyusui. Selain itu, gunakan juga atasan yang longgar, sehingga memberikan ruang pada payudara ibu menyusui.

Pastikan ibu menyusui merasa nyaman dengan apa yang digunakannya.

6. Istirahat

6. Istirahat

Selain memerah, hal penting lainnya adalah istirahat. Dengan istirahat yang cukup, akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan ketika Sahabat Hawa memiliki bayi, apalagi bila memiliki anak lebih dari satu. Namun istirahat sangat penting dilakukan untuk proses penyembuhan.

7. Berpikir Positif

7. Berpikir Positif

Masalah apa pun yang terjadi, bila berpikir dengan positif mudah-mudahan akan selalu menemukan jalan keluarnya. Sahabat Hawa harus tetap yakin dan positif, berpikir tenang bahwa semua masalah ini dapat teratasi dengan  baik. Minta dukungan penuh pada pasangan, agar kamu selalu dapat dorongan semangat dari orang yang Sahabat Hawa cintai. 

Sahabat Hawa, Bagaimana dengan kondisi ASI mu? Yuk sharing di kolom komentar dengan Bunda Hawa lainnya 😉

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download Aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

imgpsh_fullsize_anim (10)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Sumber Popmama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: