10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma untuk Kesuburan Pria

Scroll down to content

Screenshot_8

Ada berbagai cara meningkatkan kualitas sperma untuk memperbaiki kondisi kesuburan Anda. Umumnya cara tersebut berkaitan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, serta meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat. Jadi, apa saja gaya hidup sehat yang dapat meningkatkan kualitas sperma bagi pria?

Cara meningkatkan kualitas sperma dengan gaya hidup sehat

Berikut  berbagai pilihan gaya hidup sehat yang juga dapat membantu Anda menjaga sperma agar tetap sehat:

1. Melakukan olahraga secara teratur

Pria yang rajin berolahraga akan memiliki kada testosterone yang lebih tinggi serta kualitas sperma yang lebih baik jika dibandingkan dengan pria yang tidak rajin menggerakkan tubuhnya. 

2. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan merupakan salah satu hal penting yang juga bisa anda lakukan jika ingin meningkatkan kualitas sperma. Hal ini bisa Anda wujudkan untuk meningkatkan kualitas sperma dengan rajin berolahraga dan makan makanan yang baik untuk kesehatan hindari penyakit obesitas karena dapat menurunkan kualitas sperma.

3. Mengonsumsi makanan sehat


Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan folat atau vitamin B9, seng, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, hingga asam lemak omega-3. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut diduga dapat membantu kamu meningkatkan kualitas sperma.

4. Mengurangi stres untuk meningkatkan kualitas sperma

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma adalah mengurangi stres.

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi rasa stres, misalnya berjalan kaki di tempat yang tenang dan sejuk, bermeditasi, atau menghabiskan waktu dengan teman-teman yang baik.

5. Menghindari penggunaan alkohol

Pengguna alkohol diduga dapat memengaruhi kondisi kesehatan sperma Anda. Tidak hanya itu, penggunaan alkohol juga sebenarnya kurang baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh.

Maka itu, saat Anda ingin memperbaiki kualitas sperma, akan lebih baik jika Anda mengurangi konsumsi alkohol. Apalagi jika Anda ingin menjalani program bayi tabung. Dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol, upaya untuk meningkatkan kualitas sperma mungkin berhasil.

6. Berhenti merokok untuk meningkatkan kualitas sperma

Merokok adalah salah satu bagian dari gaya hidup yang kurang sehat, dan kebiasaan ini bisa memengaruhi kualitas sperma Anda. dengan merokok juga berpotensi menurunkan keberhasilan program hamil.

7. Melakukan hubungan seks secara rutin


Rutin berhubungan seks adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan kualitas sperma. Karena rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan ternyata dapat meningkatkan kesuburan.

Masalahnya, kualitas sperma akan menurun, dan penurunan itu akan nampak jelas saat Anda dan pasangan tidak melakukan hubungan seks hingga 10 hari lamanya. Untuk meningkatkan kualitas sperma Anda, setidaknya Anda harus berhubungan seks dengan pasangan sebanyak seminggu 2x, dan bukan hanya pada saat masa subur saja.

8. Menjaga suhu tubuh untuk tetap normal

Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari kebiasan mandi dengan air panas terlalu lama.

Pasalnya, suhu yang terlalu tinggi dapat merusak sperma. Selain itu, Anda juga harus mengurangi kebiasaan duduk terlalu lama. Selain itu, jangan meletakkan laptop Anda di atas paha. 

9. Menghindari penggunaan celana dalam ketat

Penggunaan celana dalam ketat memiliki risiko meningkatkan  suhu di sekitar area skrotum, yang merupakan tempat produksi sperma.

10. Menghindari bahan kimia beracun untuk meningkatkan kualitas sperma

Ada banyak pekerjaan yang memudahkan tubuh Anda terpapar oleh bahan-bahan kimia beracun. Khususnya bagi Anda yang bekerja di lapangan, di bidang pertambangan dan sejenisnya, tentu ada banyak sekali bahan kimia yang bisa membahayakan kondisi kesuburan Anda. maka dari itu anda harus berhati-hati.

Nah itu dia 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma untuk Kesuburan Pria. Beritahu suamimu dirumah ya Sahabat Hawa 😉

Yuk Download Aplikasi Hawa di App store dan Playstore mu sekarang juga! 😉

link : https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATORGx5RyTK-NkHRSysQPL2bX-Kv9ydmv43PibaOkRQtVyibJT-vue4YkdO4LtOSEQdCF5xqrD8m6Ewr&s=1

ads 6 alt1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: