Pendarahan Berhubungan Saat Hamil, Normal Kah?

Scroll down to content

Pendarahan-setelah-berhubungan-s.original.jpegquality-90

Berhubungan seks saat hamil memiliki sejumlah manfaat mulai dari menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan keintiman dalam hubungan mu dan suami.

Akan tetapi, bagaimana jika Sahabat Hawa memiliki malam romantis dengan suami dan melihat beberapa tetes darah setelah berhubungan? Tentu kepanikan akan segera terjadi seperti apakah Sahabat Hawa menyakiti bayinya? Atau mungkinkah kamu akan keguguran?

Faktanya, 15-25 persen wanita mengalami pendarahan vagina pada trimester pertama. Menurut American College Of Obstetrics and Gynecology (ACOG). bercak darah coklat atau merah biasanya tidak berbahaya.

Pendarahan setelah Berhubungan Seks saat Hamil

Penyebab pendarahan setelah berhubungan seks saat hamil diantaranya yaitu
 

1. Peningkatan Suplai Darah

Ketika berhubungan seks saat hamil, akan ada tekanan tambahan pada area serviks yang menyebabkan pendarahan kecil atau bercak.
 
2. Peningkatan Kapiler
Peningkatan kapiler

Sahabat Hawa, tahukah kamu beberapa kapiler darah atau pembuluh darah kecil terbentuk selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang tinggi bagi ibu dan janin.

Banyak dari kapiler ini berkembang di vagina dan leher rahim. Mereka begitu halus sehingga mudah pecah saat berhubungan saat hamil.

3. Polip Serviks

Polip adalah pertumbuhan yang tidak berbahaya pada serviks dan terjadi karena tingginya kadar estrogen. polip tersebut mengandung pembuluh darah kecil yang rapuh dan tekanan apapun di daerah tersebut saat berhubungan saat hamil dapat menyebabkan pendarahan.
 

4. Plasenta Abruption

penyebab pendarahan setelah berhubungan seks saat hamil
Ini terjadi ketika ada pemisahan awal plasenta dari rahim, yang dapat menyebabkan perdarahan hebat, dengan atau tanpa gumpalan. Jika pemisahannya sedikit, biasanya ada sedikit bahaya bagi Sahabat Hawa atau bayi.
 

5. Kehamilan Ektopik

penyebab pendarahan setelah berhubungan seks saat hamil
Meskipun tidak mungkin, perdarahan setelah berhubungan seks saat hamil bisa menjadi tanda kehamilan ektopik, di mana sel telur yang dibuahi menempel di tempat lain selain rahim.
 

6. Plasenta Previa

peyebab pendarahan setelah berhubungan seks
Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester kedua atau ketiga dan ketika plasenta menutupi sebagian atau seluruh serviks. Jika seks diikuti oleh perdarahan merah terang, itu bisa mengarah ke plasenta previa sebagai penyebabnya.
 
Sahabat Hawa apakah selama masa kehamilanmu pernah mengalami pendarahan saat berhubungan seksual? yuk sharing di kolom komentar 😉
 
Sumber Orami Parenting

Ngobrol bareng komunitas hawa dalam aplikasi Hawa. .
Sahabat hawa bisa ngobrol atau curhat mengenai beragam masalah kehamilan, siklus haid tak teratur, seks, percintaan, dll. .
Dapatkan solusi dari sahabat hawa lain disertai tips-tips bermanfaat.

Yuk Download Hawa di Googleplay dan AppStore mu sekarang juga! 😉

imgpsh_fullsize_anim (10)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: