Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Scroll down to content
2-e12cd57dbb029005a5e97b808ceec326_750x500
Baru baru ini dunia digemparkan dengan virus mematikan, yaitu corona. Virus corona berhasil membuat seluruh penduduk dunia panik. Dapat dibilang virus corona merupakan penyakit yang sangat mudah menyebar. Jumlah orang yang terinfeksi pun semakin meningkat setiap harinya. Per Senin (2/3), angka tersebut menembus 89 ribu. Sedangkan 3.046 orang di antaranya meninggal dunia.
 
Di Negara Indonesia sendiri beberapa kali ada yang dinyatakan suspect corona. Penyakit yang berasal dari Tiongkok itu membuat heboh sejumlah Negara. dan beberapa hari lalu Presiden RI Joko Widodo mengumumkan secara resmi terdapat 2 orang di Indonesia yang mengidap penyakit corona. Namun apa bedanya dengan ‘suspect corona’ ? yuk simak penjelasannya bareng Hawa 😉
 
1. Suspek adalah orang yang diduga
Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Suspek sendiri berasal dari kata suspect dalam bahasa Inggris yang berarti tersangka, diduga, atau yang dicurigai. Pada umumnya istilah ini dipakai dalam kepolisian untuk menunjuk seseorang yang diduga melakukan kejahatan. Lantas, apa artinya jika diterjemahkan ke dalam dunia medis?

2. Orang yang menjadi suspek, masih menunggu hasil pemeriksaan

Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Mereka yang dinyatakan sebagai suspek virus corona memiliki beberapa gejala dari penyakit tersebut. Di antaranya adalah hidung berair, pusing, batuk, demam, hingga sakit tenggorokan. Namun mereka masih dalam tahap menunggu hasil pemeriksaan dari dokter. 

Nanti, jika hasil menunjukkan negatif, maka mereka terbebas dari sebutan suspek dan tidak terinfeksi virus corona. Sedangkan jika terbukti positif, maka mereka bisa disebut sebagai pasien virus corona.

3. Ini beda suspek dengan orang yang dicurigai

Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Selain yang telah dipaparkan di atas, masih ada lagi kriteria seseorang hingga layak disebut sebagai suspek. Itu adalah ada atau tidak adanya kontak.Jika orang yang mengalami gejala virus corona baru-baru ini pergi ke Tiongkok atau ke negara yang terinfeksi, maka ia layak disebut sebagai suspek. Sedangkan istilah “dicurigai” diberikan kepada orang yang mengalami gejala virus corona tapi tidak ada kontak dengan negara yang bersangkutan.

4. Kriteria seseorang layak dikatakan suspek

Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Berkaca dari wabah SARS yang terjadi pada tahun 2003, Centers for Disease Control and Prevention membuat beberapa kriteria orang seperti apa yang layak disebut sebagai suspek. Berikut ini di antaranya:

  • Temperatur tubuh mencapai lebih dari 38 derajat celcius;
  • Memiliki gejala penyakit pernapasan seperti batuk, napas memendek, hingga pneumonia;
  • Kontak dengan pasien yang sedang diinvestigasi atau menjadi suspek atau bepergian ke area yang terinfeksi dalam sepuluh hari terakhir.
5. Istilah suspek tidak dapat digunakan sembarangan
Jangan Salah Paham, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

Istilah suspek selama ini membuat masyarakat bingung dan panik. Sebab banyak yang mengira bahwa sekali dinyatakan sebagai suspek, orang itu kemungkinan besar terinfeksi virus corona. Padahal nyatanya tidak. Kemungkinan tersebut masih bisa berubah-ubah tergantung pada hasil analisis dan pemeriksaan dari laboratorium. 

Sahabat Hawa, sudah kah kamu mendengar kabar terbaru? bahwa di Negara kita sudah terdeteksi 2 orang yang positif mengidap penyakit Corona? Ternyata ke dua orang tersebut adalah Ibu dan seorang putrinya yang bertempat tinggal di Depok loh. Wah.. adakah diantara kamu yang berasal dari Jabodetabek? Tetap hati-hati dan waspada virus Corona ini ya Sahabat Hawa!

Sumber Popbela

Link download Hawa:

https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATPqHsDh98fdlZzX01VpFee-JKL0xd9TC3a-0VZYvBPRuztfTLfbbSpAYvROjI361p02gIgxcUf7KVeq&s=1

imgpsh_fullsize_anim (7)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: