Masa Kuliah Jangan Disia-siakan, 5 Cara Biar Kehidupan Jadi Mahasiswa Penuh Warna & Makna

Scroll down to content
Sahabat Hawa adakah diantaramu yang masih menyandang gelar status sebagai mahasiswa? jika ada, kamu wajib membuat masa perkuliahanmu jadi lebih bermakna ya!
Masa muda jangan disia-diakan karena hal itu bisa jadi ladang emas dan bekal untuk menyambut masa depan mu nanti.
 
Banyak yang bilang masa SMA adalah masa yang ngangenin, tapi kalau kamu udah melewati masa kuliah, banyak loh orang yang justru lebih kangen sama masa jadi mahasiswa. Soalnya di masa ini, kamu mulai memasuki masa peralihan menjadi benar-benar dewasa. Banyak banget tantangan maupun suka duka yang dilalui kayak naik roller coaster. Menegangkan, tapi seru!
 
Kalau kamu lagi menjalankan titel sebagai mahasiswa atau masih menunggu kelulusan SMA, coba deh lakukan hal-hal berfaedah ini ya!
 
1. Jangan malu buat bergaul sama mahasiswa jurusan lain, banyak untungnya!

Memang sih kita harus menjunjung tinggi solidaritas sama teman sejurusan. Tapi nggak ada salahnya kamu juga bergaul sama mahasiswa jurusan lain. Selain mendapatkan netowrking, ternyata kegiatan ini banyak untungnya. Pertama, kamu bisa belajar banyak hal dari mahasiswa jurusan lain tentang ilmu pengetahuan yang mereka ambil walaupun ya nggak mendalami banget. Biasanya kan kalau lagi nongkrong di kantin, suka diskusi hal-hal receh sampai berat dan dilihat dari perspektif masing-masing orang. Kedua, kamu bisa bikin kolektif yang sesuai passion dan berguna bagi sekitar. Yuk, mulai kenalan sama jurusan sebelah! Siapa tau juga bisa menjaring jodoh kan~

2. Coba bikin acara kampus yang berbeda dengan angkatanmu. Masa kuliah pasti nggak bakal terlupa

Kalau di SMA kita getol banget bikin pensi, pas jadi mahasiswa kita dituntut untuk bikin gebrakan acara yang keren. Nggak cuma ngundang band indie, tapi acaranya juga bermanfaat dan bisa bawa nama baik fakultas bahkan kampus. Coba deh gabung dengan divisi seni budaya BEM fakultas atau BEM kampus yang suka bikin acara keren. Selain acara musik, bikin acara seminar yang menghadirkan pembicara kece dan tentunya berfaedah buat mahasiswa lain. Dengan begitu, kamu bisa dapat pengalaman menyusun acara, jadi panitia, dan tentunya bikin pengalaman masa kuliah jadi berkesan. Apalagi kalau acaranya sukses banget, bisa jadi salah satu portofolio di CV nanti~

3. Aktif ikut kegiatan di luar kampus, bisa nambah koneksi dan pengalaman buat bekal masa depan

Jangan cuma nongkrong di kampus aja, coba deh ikutan kegiatan di luar kampus. Biasanya bisa nambah networking dan dapat banyak pengalaman buat di dunia kerja nanti. Apalagi sekarang banyak kegiatan di luar sana yang melibatkan mahasiswa, kayak apa yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program ‘Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)’. Program ini mendorong generasi milenial untuk mencintai dan menjaga lingkungan melalui aksi nyata yang dilakukan oleh Darling Squad.

Siapa itu Darling Squad? Mereka adalah para mahasiswa yang aktif menjadi volunter dalam setiap kegiatan lingkungan yang bertujuan memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi ini. Siap Darling juga mengajak Darling Squad untuk menemukan berbagai gagasan kreatif yang bisa diimplementasikan dalam aksi lingkungan. Nantinya konsep lingkungan yang terpilih akan direalisasikan lewat program selanjutnya.

4. Kalau ada peluang, coba apply buat pekerjaan sampingan. Hitung-hitung, mempersiapkan diri setelah lulus nanti

Kehidupan mahasiswa yang bermakna dan berwarna nggak cuma terjadi di kampus doang kok. Bagi beberapa mahasiswa, punya kegiatan di luar kampus yang bermanfaat bisa jadi ‘pelarian’ yang tepat kalau jenuh sama tugas. Misalnya kamu punya melihat peluang, coba apply pekerjaan sampingan seperti jadi freelancer. Gunanya banyak banget karena selain membangun networkingkamu juga bisa membangun portofolio dan tentunya ‘gaji’ bisa ditabung biar nggak selalu ngerepotin orang tua. Buat kamu yang suka nulis, coba deh jadi freelance writer. Tapi ingat, jangan terlalu terbuai sama kerjaan kamu kalau masih punya utang skripsi ya. Bagilah waktu dengan baik biar kamu bisa lulus di waktu yang tepat.

5. Jangan sepelekan IPK kamu, ini berpengaruh juga loh bikin kehidupan kamu jadi bermakn

Kalau bicara soal IPK, kadang mahasiswa gelisah dan nggak terima sama sistem penilaian ini. Beberapa orang menganggap bahwa IPK itu nggak penting, karena pas masuk dunia kerja yang dibutuhkan adalah softskill. Memang sih benar adanya, cuma nggak bisa dipungkiri, IPK adalah hal yang bikin kamu lolos seleksi masuk dunia kerja loh. IPK bagus juga bisa bikin orang tua bangga sama kamu. Makanya kamu jangan menyepelekan kegiatan belajar di kampus ya. Kalau kamu benar-benar meresapi mata kuliah, itu nantinya berguna kok suatu saat nanti. Toh dengan IPK bagus, akhirnya kehidupan kuliah mengantarkan kehidupan kamu ke depannya jadi berwarna dan bermakna kan.

Sahabat Hawa bagaimana masa masa kuliahmu dulu?

Sumber Hipwee

ads 6 alt1

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: