Testpack Hasil Positif ‘Samar’ Ini Penyebabnya

Scroll down to content
Saat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, hasil yang ditunjukkan akan berupa garis satu untuk negatif dan garis dua untuk positif hamil. Tapi kadang-kadang muncul garis dua yang tampak samar. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah faint positive.
 
Jika hasilnya demikian, sebagian Sahabat Hawa akan merasa bingung apakah ini benar positif hamil atau tidak. Nyatanya, kondisi ini kerap menunjukkan kemungkinan besar Sahabat Hawa memang positif hamil.
 
Apa saja penyebab hasil tes kehamilan menunjukkan positif samar atau garis dua yang samar? yuk simak bareng Hawa 😉
 
1. Test pack sudah kedaluwarsa

Sebelum melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, pastikan test pack yang Sahabat Hawa gunakan dalam kondisi baik, utuh dan tidak kedaluwarsa. Sebab jika alat yang digunakan sudah tidak dalam kondisi baik, pengukuran hCG bisa terganggu.
 
2. Hasil pemeriksaan sudah didiamkan terlalu lama
Tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif samar bisa jadi juga terjadi karena test pack sudah didiamkan terlalu lama. Test pack umumnya perlu waktu beberapa menit saja untuk menunjukkan hasil, ketika didiamkan terlalu lama (misalnya lebih dari 15 menit), hasil yang ditunjukkan seringkali berubah.
 
3. Ada masalah kesehatan pada tubuh

Adanya masalah kesehatan mungkin juga bisa memicu munculnya hasil tes positif samar atau bahkan positif palsu.

Penyakit ginjal juga bisa memicu munculnya kondisi ini, terutama karena penyakit ini menyebabkan protein dan darah ‘bocor’ ke urine. Test pack kadang-kadang keliru mengira protein ini adalah hCG, sehingga menunjukkan hasil positif samar atau  mungkin positif palsu.

4. Sedang minum obat kesuburan

 


Obat kesuburan sebagian besar mengandung hCG, sehingga test pack pun kadang-kadang membacanya sebagai hasil positif hamil padahal kenyataannya bukan.

5. Ada masalah keguguran pada awal kehamilan

Hasil positif samar juga bisa terjadi ketika Sahabat Hawa sebenarnya sudah mengalami keguguran pada awal kehamilan. Keguguran pada periode waktu ini kadang-kadang tidak memiliki gejala yang jelas terlihat, bahkan kadang tidak terasa sama sekali.
 
6. Wadah yang digunakan tidak dalam kondisi baik
Wadah penampung urine saat melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan tespack, pastikan kebersihan nya terjaga, dan jangan menggunakan wadah yang sama untuk kedua kalinya.
 
7. Benar positif hamil, tetapi usianya masih sangat muda
Hasil positif samar pada test pack bisa benar-benar menandakan bahwa Mama hamil. Hanya saja, usia kehamilannya masih sangat muda sehingga kadar hCG-nya masih rendah. Perlu diketahui bahwa hGC diproduksi oleh plasenta yang akan terus berkembang, sehingga kadarnya akan membutuhkan waktu untuk meningkat.
 
Pernahkah Sahabat Hawa mengalaminya?
Sharing dikolom komentar ya
 
Sumber Popmama

Link Download Hawa : https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATNf4AR4ohFhSvLKQBtMmDalnFy1Bke8_57ecAyc-AZSz5EJCM_f9OvaZraTJeN4CMMBZZTjQScsY8jl&s=1

ads 6 alt1

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: