Italia: Tolong Belajar dari Kesalahan Kami. Ini Deretan Faktor di Balik Dampak Parah Corona di Sana

Scroll down to content
hipwee-dfhasighosaivg
Saat ini virus corona sudah menyebar ke banyak negara. Salah satunya adalah Italia, negara dengan kasus kematian corona terbanyak di dunia, yaitu 6,820 orang hingga Rabu (25/3) pagi. Bahkan angka tersebut sudah melebihi China yang merupakan sumber pandeminya. Kini ada 69.176 kasus corona di Italia yang diperkirakan masih akan terus meningkat.

Mengapa kondisi parah ini bisa terjadi di Italia? Ternyata penyebabnya adalah kondisi demografis dan kesalahan yang dilakukan pemerintah. Bahkan negara lain disebut-sebut bisa belajar dari keadaan di Italia. 

Saat virus corona mulai merebak di Italia, pemerintah justru menggampangkan kondisi dan tidak cepat bertindak


Dilansir dari New York Times , ada lebih dari 400 kasus virus corona di Italia pada 27 Februari silam. Bahkan jumlah kematiannya telah mencapai dua digit. Namun dalam kondisi tersebut, pemerintah terkesan masih santai dan meminta orang-orang Italia untuk tidak mengubah kebiasaan atau lifestyle mereka sehari-hari. Mereka tidak cepat bertindak walaupun kondisi sudah gawat. Akibatnya, masyarakat yang harusnya waspada justru menjadi lengah pada virus corona.

Tak heran apabila sekitar 10 hari kemudian, jumlah penularan meningkat menjadi 5.883 kasus dan korban meninggal menjadi 233 orang. Barulah saat itu pemerintah menyatakan bahwa Italia terserang virus corona dan mulai mengambil tindakan.


Banyaknya populasi orang tua di Italia juga berpengaruh pada tingginya tingkat kematian akibat kasus virus corona. Apalagi banyak dari mereka tinggal dalam keluarga besar

Setelah kondisi semakin parah, akhirnya pemerintah Italia melakukan lockdown secara bertahap. Namun tindakan ini dinilai terlambat

Italia melakukan tindakan pencegahan secara bertahap. Awalnya pemerintah mengisolasi sejumlah kota, lalu memperluasnya menjadi sejumlah daerah, dan akhirnya melakukan lockdown total pada 9 Maret silam. Orang-orang diimbau untuk tetap tinggal di rumah. Jika ada yang ketahuan keluar rumah tanpa alasan penting, maka bisa didenda. Berbagai fasilitas publik pun ditutup sementara kecuali apotek, bank, dan toko kelontong.

Sayangnya, pemerintah dianggap terlambat dalam menjalankan lockdown. Kasus virus corona sudah terlanjur banyak sehingga penyebarannya pun sangat cepat


Menanggapi hal tersebut, Walter Ricciardi selaku anggota dewan WHO berpendapat bahwa seharusnya lockdown di Italia dilakukan 10 hari lebih cepat. Pemerintah juga dinilai gagal menyampaikan pesan betapa mengancamnya kondisi tersebut sehingga masyarakat sulit mematuhi aturan.

Sebagai salah satu negara maju, Italia sudah mempunyai fasilitas kesehatan yang cukup baik. Namun ternyata mereka kewalahan karena jumlah pasien virus corona begitu membludak. Apalagi banyak pasien yang sudah berusia lanjut sehingga butuh perawatan intensif. Kondisi ini semakin parah karena para dokter dan perawat tertular juga penyakit dari pasien. Sudah ada sekitar 2.000 tenaga medis di Italia yang terserang virus corona.

Bukan gimana-gimana, sistem kesehatan Italia yang sering disebut terbaik di Eropa dan di dunia saja, akhirnya lumpuh akibat banyaknya pasien terinfeksi corona yang kebanyakan membutuhkan ruang isolasi dan ventilator. Sayangnya, kini beberapa negara Eropa seperti Spanyol tampaknya mulai mengalami hal yang sama dengan kondisi Italia seminggu yang lalu. Tragedi yang mengerikannya mungkin akan terus terulang, jika negara tidak bertindak agresif, taktis, dan efektif menghadapi pandemi ini. Kita juga harus melakukan tugas kita masing-masing.

sebisa mungkin #dirumah aja, wajib jaga jarak 1-2 meter dengan orang lain, pastikan ikuti protokol kesehatan dan disinfeksi kalaupun tetap harus bekerja di luar, serta jaga kesehatan jiwa raga. 

Sahabat Hawa, sudah berapa hari kamu #dirumahaja ??

Link Download Hawa App : https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATOTEnSWnnVX6lXmqbr_nMHqa1v4xglEXDpT7uGs0ACuMqpG86cw4_SmdVtfBhx-4pnL4_Vjojvx4_br&s=1

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

6cb17551e8947c4db8d108775f1252e9

Sumber Hipwee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: