6 Makanan untuk Mempercepat Kehamilan, Cocok untuk Program Hamil!

Scroll down to content

5c7469e48b7abb1151e9ad30_m

Bagi para pasangan yang menginginkan buah hati, tentu perlu melakukan perencanaan program hamil. Ada banyak hal yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesuburan, salah satunya mengonsumsi makanan untuk mempercepat kehamilan.

Tentu saja, Moms perlu mengonsumsi makanan yang harus mengandung makronutrien dan mikronutrien yang seimbang. Sehingga dapat menghasilkan janin yangs sehat.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan dan dapat membuat janin tumbuh dengan sehat? Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya berikut ini ya, Moms.

Makanan untuk Mempercepat Kehamilan

Pada situs National Institute of Health, selama kehamilan Moms membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan kalsium. Asam folat khususnya, dapat mencegah dari cacat lahir.

Dokter Spesialis Kandungan dari RSPI Puri Indah & RSIA Grand Family PIK Jakarta, dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, memberikan penjelasan tentang makanan apa saja yang dapat mempercepat kehamilan.

Menurut dr. Thomas, Moms yang sedang melakukan program hamil perlu mengonsumsi makronutrien dan mikronutrien. Berikut ini daftarnya.

1. Karbohidrat

makanan untuk mempercepat kehamilan-karbohidrat

Foto: Orami Photo Stock

Baik kualitas dan kuantitas dari karbohidrat berpengaruh terhadap metabolisme karbohidrat, yang dapat memengaruhi sensitivitas insulin pada individu yang sehat.

“Kurangi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, karena berisiko mengalami gangguan ovulasi. Konsumsi serat yang berlebih juga dapat menggangu ovulasi,” jelas dr. Thomas.

Lebih lanjut, dr. Thomas menyarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 22 gram per harinya.

2. Protein

makanan untuk mempercepat kehamilan-protein

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi protein, yang merupakan makronutrien diperlukan untuk pembentukan sel. Karena itu, Moms perlu mendapat asupan protein seimbang dalam makanan sehari-hari.

Dalam jurnal Nutrition Reviews, selama kehamilan Moms perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh.

Makanan yang mengandung protein seperti daging sapi, ikan, ayam, dan kacang-kacangan, dan susu, yang termasuk dalam makanan untuk mempercepat kehamilan.

3. Lemak

makanan untuk mempercepat kehamilan-lemak

Foto: thetapaslunchcompany.co.uk

“Asupan lemak jenuh yang berlebih dapat menggangu sel telur. Namun, mengonsumsi lemak tak jenuh, terutama lemak tak jenuh ganda dapat memperbaiki proses pembentukan sel telur,” jelas dr. Thomas.

Konsumsi lemak trans juga harus dihindari, karena hal ini berhubungan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi dan dapat menggangu fungsi ovulasi.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, salmon, dan kacang-kacangan seperti almon, walnut, hazelnut bisa menjadi jenis makanan untuk mempercepat kehamilan.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk alpukat selama siklus IVF meningkatkan tingkat keberhasilan sebanyak tiga setengah kali, berbeda dengan wanita yang tidak mengonsumsinya selama periode itu,” kata Alisa Vitti, ahli gizi integratif mengutip Parents.

4. Asam Folat

makanan untuk mempercepat kehamilan-asam folat

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya Moms sudah tahu pentingnya asam folat untuk janin. Mikronutrien ini ternyata juga dibutuhkan untuk membantu Moms agar cepat hamil, lho.

“Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stress oksidatif, dan kematian sel. Hal-hal ini dapat menggangu proses perkembangan sel telur,” terang dr. Thomas.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah beet, atau minum suplemen asam folat.

Dalam jurnal Frontiers in Public Health, disebutkan bahwa ada hubungan yang baik antara asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh ganda, dan makanan nabati pada hasil kesuburan.

5. Vitamin D

makanan untuk mempercepat kehamilan-vitamin d

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin D juga memiliki peran penting dalam reproduksi manusia. Asupan vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormon androgen yang tinggi pada perempuan dengan PCOS.

Oleh karena itu, suplementasi vitamin D dibutuhkan dengan mendapatkan asupan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain itu, penting juga mengonsumsi makanan seperti minyak ikan Cod, salmon, tuna, sarden, hati sapi, dan jamur kancing untuk mempercepat proses kehamilan.

6. Zat Besi

makanan untuk mempercepat kehamilan-zat besi

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan mikronutrien yang tak kalah penting adalah zat besi, yang perlu dikonsumsi saat program hamil untuk membantu mempercepat proses kehamilan.

“Zat besi juga berperan penting dalam ovulasi. Pada perempuan dengan anemia, defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan,” kata dr. Thomas.

Lebih lanjut, ia juga menyertakan beberapa makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau.

Itu dia Moms, beberapa makanan yang dapat membantu program hamil dan bisa mempercepat kehamilan. Semoga usaha yang dilakukan dalam memiliki keturunan dapat berjalan dengan baik, ya!

Link Download Hawa :

https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATOd24PeiFLS3PDi0BS-ao5njSzTR7uITylcnq7dJu_p7TzaYnB6zO5NmLU_hi9ujGN30lrO6p3YjIQa&s=1

ads 6 alt1

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Sumber : Parenting Orami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: