Rahasia Racikan Ayam Ungkep Lezat ala Rumahan

Scroll down to content

Screenshot_26

Mendekati Bulan puasa pastinya banyak para Ibu yang menyajikan makanan ala rumahan. Menu utama selalu memilih Ayam, betul tidak Sahabat Hawa?

Ternyata ayam yang sudah dibumbui bisa jadi alternatif praktis saat buka dan sahur. Agar lebih hemat, bikin sendiri ayam ungkep dengan langkah mudah ini.

Ayam menjadi sumber protein hewani yang mudah diolah dengan harga relatif murah. Karenanya ayam selalu jadi lauk favorit banyak orang. Selama bulan puasa, Sahabat Haw bisa siapkan ayam berbumbu yang siap disajikan setiap saat.

Berikut ini tahapan yang bisa Sahabat Hawa lakukan untuk membuat ayam ungkep bumbu kuning.

3ad11a03-467a-414f-ad67-858e0d8de384

1. Potongan ayam
Anda bisa memakai ayam negeri, ayam kampung atau ayam jantan untuk menyiapkan ayam ungkep. Potong menjadi 4 bagian atau 8 bagian, sesuai selera. Jika mau, bisa juga dimasak hati, ampela dan usus ayam.

Jika ingin ayam yang empuk, berlemak bisa memakai ayam negeri. Tetapi jika suka ayam lebih kering tak terlalu berminyak, bisa memakai ayam jantan atau ayam kampung.

2. Bumbu
Untuk 2 ekor ayam, masing-masing dipotong 4 atau 8 bagian bisa disiapkan bahan bumbunya. Terdiri dari 7 butir kemiri, 12 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 4 cm kunyit, 2 cm jahe, 1 cm lengkuas, 1/2 sdt merica butiran, 1 sdt garam, 10 g gula merah, 1 batang serai, memarkan dan 2 lembar daun salam.

Haluskan bumbu kecuali lengkuas, daun salam dan serao. Jika dihaluskan dengan food processor, tambahkan sedikit air atau minyak sayur hingga bumbu benar-benar halus.

Bikin Sendiri Ayam Ungkep untuk Sajian Ramadan dengan Cara Mudah Ini
Foto: detikfood

3. Ungkep
Taruh potongan ayam juga jeroan ayam dalam panci atau wajan. Tambahkan bumbu halus dan air secukupnya (hingga ayam terendam air). Kemudian masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan air habis. Jika memakai ayam negeri, kurangi air karena ayam negeri akan mengeluarkan banyak air dan lemak. Sebaliknya jika memakai ayam kampung, bisa ditambahkan lebih banyak air karena perlu waktu memasak lebih lama hingga ayam lunak.

4. Simpan
Dinginkan ayam berbumbu lalu taruh ayam dalam wadah bertutup dan simpan di lemari es. Jika ingin disimpan lebih dari seminggu, taruh dalam freezer. Saat akan dimasak, keluarkan beberapa jam di suhu ruangan hingga ayam lumer.

Bikin Sendiri Ayam Ungkep untuk Sajian Ramadan dengan Cara Mudah Ini
Foto: iStock

5. Menyajikan
Saat akan disajikan, panaskan minyak banyak di atas pai sedang. Goreng ayam hingga warnanya kuning keemasan. Karena ayam sudah matang maka proses penggorengan hanya untuk membuat bagian luar ayam kering. Sajikan ayam goreng dengan sambal dan lalapan segar atau sayuran tumis. Cocok untuk menu berbuka atau sahur.

Hi, Sahabat Hawa apakah kamu Siap untuk mencoba masakan ini?

Link Download Hawa APP : https://l.instagram.com/…

46063172_2137490566285231_1885947721953574912_n

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

#hawa #covid19
#hawaapp #masasubur
#giveaway #masaovulasi
#pregnant #pregnancy #coronaindonesia
#ibudanbayi #hamilmuda #penyakitcorona
#kehamilan #bundasehat #wabahcorona
#sahabathawa #hawaofficial

Sumber : Detikcom

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: